10 Tips Jitu Mengamankan Nomor Hp dari Pinjol agar Data Tidak Bocor

Sabtu 05-10-2024,17:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

5. Hubungi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) 

Tips mengamankan nomor Hp dari pinjol berikutnya yaitu bisa menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terutama jika merasa ada penyalahgunaan data pribadi. OJK akan menyelidiki apakah aplikasi tersebut merupakan pinjol yang legal dan terdaftar di OJK. Jika aplikasi tersebut terbukti ilegal, OJK bisa mengambil tindakan untuk memblokir aplikasi tersebut.

BACA JUGA:7 Tips Mengamankan Kontak WhatsApp dari Pinjol agar Tidak Disebar dan Disalahgunakan

6. Nonaktifkan Koneksi Aplikasi Pinjol ke Media Sosial

Sebaiknya nonaktifkan izin tersebut agar pihak pinjol tidak bisa mengakses nomor telepon kalian. Jika kalian ingin tetap menghubungkan nomor telepon dengan media sosial, sebaiknya gunakan nomor yang berbeda dari yang kalian berikan ke aplikasi pinjol.

7. Kontak Call Center

Jika aplikasi pinjol tidak menyediakan opsi untuk menghapus akun, kalian dapat menghubungi call center yang bersangkutan untuk meminta penghapusan akun. Pastikan semua tagihan telah dilunasi sebelum melakukan langkah ini, sehingga kalian bisa melampirkan bukti pembayaran saat pihak pinjol melakukan verifikasi.

8. Laporkan Spam dan Penyalahgunaan

WhatsApp memiliki fitur pelaporan yang memungkinkan kalian melaporkan pesan dan pengguna yang mencurigakan atau mengganggu. Jika kalian menerima pesan spam dari layanan pinjol terutama yang ilegal, segera laporkan kepada pihak yang berwajib. 

BACA JUGA:7 Cara Amankan Kontak WhatsApp dari Pinjaman Online

9. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp. Ini merupakan lapisan keamanan tambahan yang akan menjaga akun tetap aman. Dengan verifikasi dua langkah, kalian akan diminta untuk memasukkan PIN khusus yang hanya diketahui setiap kali mencoba memverifikasi nomor WhatsApp kalian.

10. Pembaharuan Izin Akses

Selalu periksa pengaturan izin aplikasi di ponsel secara berkala. Jika kalian pernah memberikan izin akses kontak kepada aplikasi tertentu, kalian bisa membatalkan izin tersebut jika merasa tidak nyaman dengan akses tersebut.

Itulah beberapa informasi seputar tips mengamankan nomor Hp dari pinjol yang bisa kalian lakukan agar data privasi tetap aman dan tidak disalahgunakan. Semoga bermanfaat. 

Kategori :