10 Tips Jitu Mengamankan Nomor Hp dari Pinjol agar Data Tidak Bocor

Sabtu 05-10-2024,17:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Tips mengamankan nomor HP dari pinjol penting diketahui, pasalnya pinjol menjadi pilihan bagi banyak orang ketika membutuhkan dana mendesak. Ini disebabkan oleh persyaratan yang mudah dipenuhi, sehingga dana mudah dicairkan. 

Semakin banyaknya layanan pinjol ilegal, akhir-akhir ini membuat masyarakat jadi semakin khawatir. Bahkan, orang-orang yang terlibat dalam layanan pinjol ilegal kerap mengalami perlakuan yang tidak layak bahkan diteror ketika ditagih. Untuk itu, tips mengamankan nomor Hp dari pinjol menjadi solusi tepat agar data tetap aman.

Ketika kalian memutuskan untuk mengajukan pinjaman di pinjol, kalian harus siap menghadapi segala risikonya. Terutama jika kalian terjerat dalam pinjol ilegal, perlu waspada terhadap metode penagihan yang tidak sesuai aturan. Dengan ini, tips mengamankan nomor Hp dari pinjol perlu dilakukan. 

Dilansir dari AFPI, sudah menjadi rahasia umum penagihan pinjol ilegal sering kali kontroversial dan tidak mengikuti peraturan yang berlaku. Meskipun begitu, mereka tampaknya tidak memperhatikan hal tersebut. Karena itu, yuk simak tips mengamankan nomor Hp dari pinjol agar tidak diteror secara terus menerus. 

BACA JUGA:6 Cara Amankan Kontak Pribadi dari Teror Pinjol Legal atau Ilegal

Tips Mengamankan Nomor Hp dari Pinjol 

1. Tinjau Pengaturan Privasi WhatsApp

Tips mengamankan nomor Hp dari pinjol yaitu tinjau pengaturan privasi WA. WhatsApp menyediakan pengaturan privasi yang memungkinkan untuk mengontrol siapa yang bisa melihat informasi kontak. Kalian bisa memilih untuk membagikan informasi kontak hanya dengan orang-orang tertentu yang dipilih.

2. Hindari Meminjam dari Pinjol Ilegal

Perhatikan dengan seksama aplikasi yang digunakan untuk meminjam uang. Pastikan tidak meminjam dari pinjol ilegal dengan memeriksa daftar pinjol yang terdaftar di OJK. Pinjol resmi umumnya lebih menjaga kerahasiaan informasi pribadi nasabah dan menawarkan bunga yang lebih rendah. Sebaliknya, pinjol ilegal sering kali menyalahgunakan data kontak yang ada di ponsel kalian.

3. Ganti Nomor Telepon

Jika kalian telah memberikan kontak kepada aplikasi pinjol, kalian bisa menggantinya untuk melindungi informasi. Selain itu, untuk menghindari kecurigaan dari pinjol, bisa menggunakan dual WhatsApp agar nomor kalian tetap terlihat aktif.

BACA JUGA:Inilah 6 Cara Mengamankan Kontak HP Data Pribadi Dari Oknum Pinjol Ilegal

4. Hapus Data dari Aplikasi Pinjol

Caranya:

  • Buka menu pengaturan pada ponsel.
  • Lalu, pilih ‘Pengaturan Aplikasi.’
  • Gulir hingga menemukan aplikasi pinjol yang dipakai.
  • Selanjutnya, pilih ‘Hapus Data dan Cache.’
Kategori :