7 Tips Mengamankan Kontak WhatsApp dari Pinjol agar Tidak Disebar dan Disalahgunakan

7 Tips Mengamankan Kontak WhatsApp dari Pinjol agar Tidak Disebar dan Disalahgunakan

cara mengamankan kontak wa dari pinjol --foto tribun pontianak

DISWAY JATENG - Di era digital saat ini, pinjol alias pinjaman online dinilai lebih mudah dan praktis untuk meminjam uang, berikut ada beberapa tips mengamankan kontak WA (WhatsApp) dari pinjaman online yang agresif.

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia. Adapun kontak kalian dalam WA mungkin berisi banyak informasi pribadi yang penting. Untuk itu, ketahui tips mengamankan kontak WhatsApp / WA dari pinjol alias pinjaman online. 

Seperti yang diketahui, saat ini banyak masyarakat yang tergiur dengan pinjol alias pinjaman online. Sebab beberapa pinjol ilegal dikabarkan bisa mengakses kontak WhatsApp (WA). Maka dari itu, perlu ketahui tips mengamankan kontak WA dari pinjol atau pinjaman online.

Lantas, bagaimana tips mengamankan kontak WhatsApp (WA) dari pinjol? Dibawah ini ada beberapa solusi tepat yang bisa kalian lakukan agar data kalian tetap terlindungi dan menghindari dari teror pinjaman online yang telah mengganggu. 

BACA JUGA:Ini Dia 4 Rahasia Cara Agar Kontak WhatsApp Aman dari Akses Pinjol, Tetap Waspada

Tips Mengamankan Kontak WhatsApp (WA) dari Pinjaman Online 

1. Hati-hati dengan Tautan yang Diterima

Tips mengamankan kontak WhatsApp dari pinjol yaitu kalian harus hati-hati dengan tautan yang diterima, jika kalian menerima tautan melalui pesan WA (WhatsApp) dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan, jangan mengklik link tersebut. Tautan itu mungkin mengarahkan kalian ke situs yang meminta akses ke kontak kalian.

2. Periksa Kebijakan Privasi Aplikasi Pinjaman Online

Sebelum mengunduh dan menggunakan aplikasi pinjaman online, maka bacalah dengan cermat kebijakan privasi mereka.

Pastikan kalian memahami bagaimana mereka akan menggunakan data kalian, termasuk informasi kontak, dan apakah mereka akan membagikannya dengan pihak lain.

3. Pembaruan Izin Akses

Pastikan untuk secara teratur memeriksa pengaturan izin aplikasi di ponsel kalian. Jika pada suatu waktu kalian memberikan izin akses kontak kepada aplikasi tertentu, maka kalian bisa membatalkannya nanti jika merasa tidak nyaman dengan akses tersebut.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Hapus Data Kontak dari Pinjol yang Aman, Tak Perlu Khawatir Diteror Debt Collector

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: