Dua Hari Bertarif Nol Rupiah, PT Jasamarga Catat 74 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Jogja-Solo

Minggu 22-09-2024,20:26 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Laela Nurchayati

BOYOLALI, diswayjateng.id - Dua hari Jumat-Sabtu, 20-21 September 2024
diberlakukan secara gratis, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mencatat sebanyak  74.518 kendaraan melintasi Jalan Tol Jogja-Solo.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menyampaikan antusiasme masyarakat yang memanfaatkan Jalan Tol Jogja-Solo sejak segmen Kartasura-Klaten diresmikan dan dioperasikan.

"Tercatat 74.518 kendaraan melintas pada segmen Jalan Tol Jogja-Solo. Jumlah kendaraan pada gerbang keluar total sebanyak 38.938 kendaraan dan total 35.580 kendaraan pada gerbang masuk, ketiga gerbang tol Jalan Tol Jogja-Solo segmen Kartasura-Klaten," ungkap Rudy Hardiansyah.

Ada pun jenis golongan memasuki Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jalan Tol  Jogja-Solo) segmen Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 Km sangat beragam.

BACA JUGA:Percepat Waktu Perjalanan, Jalan Tol Jogja-Solo Dukung Jalur Wisata Dua Provinsi

BACA JUGA:Mulai Dioperasikan, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Segmen Kartasura-Klaten Tanpa Tarif


Dan angka ini, menurut Rudy, merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari tiga Gerbang Tol (GT) yaitu GT Banyudono, GT Polanharjo dan GT Klaten pada gerbang keluar  maupun gerbang masuk.

"Jumlah total kendaraan pada gerbang keluar pada GT Banyudono tercatat 12.260 kendaraan, GT Polanharjo 11.263 kendaraan dan GT Klaten 11.724 kendaraan sedangkan untuk jumlah total kendaraan pada gerbang masuk  tercatat pada GT Banyudono sebanyak 14.527 kendaraan, GT Polanharjo 5.619 kendaraan dan GT Klaten sebanyak 18.792 kendaraan," ujar Rudy.

Meski diberlakukan gratis, ia mengimbau pengguna jalan tetap harus menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk _tapping_ sebelum memasuki dan keluar gerbang tol.

Rudy mengingatkan kepada pengguna jalan untuk tetap memperhatikan unsur keselamatan bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Untuk menikmati perjalanan disarankan berkendara sesuai dengan batas kecepatan yang sudah diatur yaitu minimum kecepatan 60 Km/jam dan maksimum 100 Km/jam.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Solo-Yogyakarta Seksi 1


Sebagai informasi, Jalan tol Jogja-Solo memiliki total panjang 96,57 KM dengan masa konsesi selama 40 tahun.

Jalan tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur di Indonesia.

Kategori :