TMMD Sengkuyung Tahap III di Kabupaten Pemalang Resmi Ditutup

Jumat 23-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG  - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III Tahun Anggaran 2024 di Desa Tegalsari Timur, Kecamatan Ampelgading berhasil dilaksanakan. 

Berbagai hasil pembangunan program TMMD Sengkuyung  secara resmi juga telah diserahkan oleh Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Mohammad Arif kepada Bupati Pemalang Mansur Hidayat. Atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam upacara penutupan TMMD Sengkuyung.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Progres Peningkatan Jalan di Kabupaten Tegal

Panglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi dalam amanatnya melalui Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Muhammad Arif, selaku Komandan satuan Tugas (Dansatgas) TMMD , menyampaikan  program TMMD  ini merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat.  Khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerah-daerah terpencil.

TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 mengambil tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’.  Tema tersebut mengandung makna bahwa TNI bersama dengan pemerintah daerah, Polri dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum. 

BACA JUGA:Disporapar segera Adakan Popda Kabupaten Tegal

"Maka tujuan TMMD ini, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara,"katanya.

Hasil pelaksanaan Program TMMD, diantaranya telah berhasil menyelesaikan  pekerjaan sasaran fisik.  Seperti pembangunan rabat beton, pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan talud jalan, rehab masjid dan pos siskamling. Untuk sasaran non fisik meliputi sosialisasi penegakan Perda, penyuluhan kesehatan dan percepatan penurunan stunting. Disamping itu penyuluhan Posyandu dan Posbindu, Penyakit Tidak Menular (PTM), penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam.

BACA JUGA:Antisipasi Muktamar Tandingan, DPC PKB Kabupaten Tegal Datangi Pengadilan Negeri

Upacara penutupan TMMD Sengkuyung, ditandai penandatanganan dan penyerahan hasil pembangunan program TMMD. Setelah itu meresmikan hasil pembangunan dengan memotong untaian melati dan melakukan peninjauan langsung ke lokasi. Guna melihat hasil pembangunan dari program TMMD Sengkuyung yang ada di Desa Tegalsari Timur. 

Kategori :