3 Cara Cek Legalitas Pinjol Resmi OJK

Selasa 20-08-2024,21:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Masalah pinjol ilegal masih menjadi fokus perhatian dari pihak regulator hingga saat ini. Untuk menghindari terjebak dalam pinjol ilegal, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek legalitas pinjol resmi OJK secara daring terbaru seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Sebelumnya, OJK mencatat bahwa guru dan pelajar merupakan kelompok yang paling banyak terjerat dalam pinjol ilegal. Saat ini, terdapat 100 perusahaan yang terdaftar sebagai pinjol legal dan resmi di OJK. Oleh karena itu, ketahui cara cek legalitas pinjol resmi OJK secara daring terbaru.

Cara cek legalitas pinjol resmi OJK secara daring terbaru. P2P lending menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk meminjam uang karena prosesnya yang lebih cepat dan syarat yang lebih mudah dibandingkan dengan lembaga perbankan.

Cara cek legalitas pinjol resmi OJK secara daring terbaru. Untuk menghindari pinjol yang ilegal dan berisiko, kita perlu memeriksa legalitas pinjol melalui situs resmi OJK di bagian statistik fintech. 

Pemeriksaan pinjol legal dan resmi OJK dapat dilakukan secara langsung melalui situs resmi OJK dan AFPI. Masyarakat dapat memverifikasi pinjol resmi OJK dengan dua cara tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa legalitas pinjol secara lengkap.

Langkah Memeriksa Pinjol Legal Melalui Situs OJK 

1. Kunjungi situs OJK. 

2. Setelah berada di halaman utama, klik pada menu statistik di navigasi utama. 

3. Pilih statistik fintech, atau Anda dapat mengklik tautan di samping. 

4. Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan berbagai judul statistik fintech pendanaan sepanjang tahun (per bulan). 

5. Silakan pilih salah satu.

Untuk memastikan informasi yang Anda terima selalu terbaru, sebaiknya merujuk pada data yang paling akhir. Anda dapat mengaksesnya dalam format PDF atau Excel. Data yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat komprehensif.

Verifikasi Legalitas Pinjol Melalui Kontak OJK

Di halaman utama situs OJK, terdapat informasi mengenai nomor telepon, fax, dan email yang dapat dihubungi jika Anda memiliki pertanyaan mengenai fintech pinjaman online yang legal. Berikut adalah kontak OJK yang dapat Anda gunakan untuk menanyakan tentang legalitas pinjol.

Nomor telepon: (021) 2960 0000  

Kategori :