Perbedaan Chipset Snapdragon dan Mediatek

Selasa 13-08-2024,05:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID. - Kedua merek ini merupakan chipset atau prosesor yang banyak digunakan, tidak hanya pada Smartphone tetapi juga pada laptop. Meskipun keduanya memiliki kualitas yang baik, memahami Apa perbedaan chipset Snapdragon dan Mediate? simak kelebihan dan kekuranganya, yang dapat membantu Anda memilih sesuai dengan kebutuhan.

Chipset adalah salah satu komponen krusial yang mempengaruhi performa ponsel pintar. Fungsinya meliputi pemrosesan data, pengolahan gambar, penyimpanan media, koneksi internet, pemrosesan audio, serta sistem keamanan perangkat. Apa perbedaan chipset Snapdragon dan Mediate? simak kelebihan dan kekuranganya.

Apa perbedaan chipset Snapdragon dan Mediate? simak kelebihan dan kekuranganya. Setiap komponen dalam chipset saling terhubung untuk menciptakan performa optimal pada Smartphone atau laptop.

Umumnya, perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan Mediatek. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kualitas antara kedua chipset, baik dalam hal grafis maupun penggunaan RAM. Yuk simak ulasan apa perbedaan chipset Snapdragon dan Mediate? simak kelebihan dan kekuranganya.

BACA JUGA:keunggulan Chipset MediaTek Dimensity 7350

Apakah Anda sering mendengar Smartphone yang menonjolkan penggunaan chipset Snapdragon?

Chipset ini merupakan produk dari Qualcomm, sebuah perusahaan teknologi multinasional yang terkenal dengan berbagai produk semikonduktor dan perangkat lunak berkualitas tinggi. Nama Qualcomm telah terdaftar di bursa saham NASDAQ dengan nilai saham mencapai $119 USD.

Snapdragon adalah sistem on chip yang diproduksi oleh Qualcomm, dan banyak digunakan pada smartphone berbasis Android. Peluncuran pertama Snapdragon terjadi pada November 2007. Nama "Snapdragon" berasal dari kata 'Snap' dan 'Dragon', yang melambangkan kecepatan dan kekuatan.

Versi pertamanya, Snapdragon QSD8250, menawarkan kecepatan pemrosesan hingga 1 GHz. Dengan dukungan dari Qualcomm, Snapdragon berhasil mendominasi pasar chipset teknologi.

Saat ini, Snapdragon tidak hanya digunakan untuk meningkatkan performa smartphone, tetapi juga untuk perangkat laptop.

Chipset Snapdragon terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung, termasuk prosesor atau CPU, Unit Pemrosesan Grafis (GPU), sistem memori, sistem audio, modem nirkabel, Digital Signal Processor (DSP), Image Signal Processor (ISP), dan Qualcomm Mobile Security.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Snapdragon?

Kelebihan

Salah satu keunggulan utama Snapdragon adalah kemampuannya dalam memberikan performa grafis yang optimal. Qualcomm dikenal dengan penerapan teknologi terbaru di setiap produknya, termasuk Snapdragon.

CPU yang digunakan dalam Snapdragon adalah yang terbaik, bukan sekadar CPU Core standar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Snapdragon mampu menyajikan performa grafis yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya, Mediatek.

Kategori :