Perbedaan Chipset Snapdragon dan Mediatek

Selasa 13-08-2024,05:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Apa yang menjadi daya tarik utama Mediatek? Salah satunya adalah harga yang sangat kompetitif, jauh lebih rendah dibandingkan dengan perangkat yang menggunakan chipset Snapdragon.

Meskipun harganya lebih murah, performa Mediatek tetap patut diperhitungkan. Oleh karena itu, Mediatek sering disebut sebagai chipset yang ramah bagi pengguna dengan anggaran terbatas.

Selain itu, apa lagi kelebihan Mediatek yang membuatnya bersaing dengan Snapdragon? Mediatek mengusung konsep efisiensi RAM, sehingga tidak memerlukan kapasitas RAM yang besar untuk menjaga kinerja perangkat.

Dengan demikian, meskipun perangkat Anda hanya dilengkapi RAM 2GB, Anda tetap dapat menggunakan chipset Mediatek tanpa masalah. Menarik, bukan? Anda tidak perlu perangkat dengan spesifikasi tinggi untuk menikmati kualitas yang ditawarkan oleh Mediatek.

BACA JUGA:6 Keunggulan Chipset MediaTek Dimensity 8400 Dibandingkan Pesaingnya

Kekurangan

Ada alasan mengapa Mediatek belum sepopuler Snapdragon. Beberapa kelemahan yang dimiliki Mediatek perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan apakah chipset ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meskipun menawarkan harga yang lebih terjangkau, performa grafis Mediatek tidak seoptimal karena hanya menggunakan CPU Core standar. Hal ini juga berpengaruh pada kualitas hardware yang tidak sebanding dengan Snapdragon.

Salah satu masalah yang paling dirasakan oleh pengguna Mediatek adalah masalah overheat. Perangkat yang menggunakan chipset Mediatek cenderung cepat panas saat digunakan dalam waktu lama dengan banyak aplikasi yang berjalan.

Overheat ini juga berhubungan dengan konsumsi baterai yang sangat tinggi. Dapat dikatakan bahwa Mediatek belum mampu bersaing dengan efisiensi konsumsi daya baterai yang ditawarkan oleh Snapdragon.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan antara chipset Snapdragon dan Mediatek beserta kelebihan dan kekuranganya. Dengan pemahaman ini, Anda dapat menentukan chipset mana yang lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Kategori :