Tetap Waspada, Ini 7 Bahaya Menggunakan Pinjol Ilegal yang Harus Dihindari

Sabtu 27-07-2024,18:50 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Di era digital saat ini pinjol alias pinjaman online hadir sebagai solusi keuangan yang mudah dan cepat diakses. Tetapi dibalik kemudahan tersebut terdapat bahaya tersembunyi, terutama bahaya menggunakan pinjol ilegal. 

Sementara masyarakat yang membutuhkan solusi dana cepat cenderung tidak memperhatikan soal legalitas tersebut. Kebanyakan bagi mereka hanya asal cair saja dana yang mereka ajukan. Padahal jika salah memilih perusahaan fintech bisa berakibat fatal. Salah satunya jika terjerat pinjol ilegal dan mengalami galbay, maka perlu ketahui bahaya menggunakan pinjol ilegal. 

Bahaya menggunakan pinjol ilegal merupakan platform pinjol yang tidak terdaftar di OJK. Layanan pinjaman online ini biasanya beroperasi secara diam-diam yang menawarkan proses cepat, bunga rendah, tenor pendek dan tanpa persyaratan yang jelas. 

Sebelum mengajukan pinjaman online sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu apakah sudah diawasi oleh OJK atau belum. Nah, bagi kalian yang sudah terjerat ke pinjol ilegal jangan sampai mengalami galbay atau macet, sebeb bahaya menggunakan pinjol ilegal perlu kalian waspadai. 

BACA JUGA:Cara Mudah Menambahkan Watermark pada Scan KTP agar Tidak Dicuri Pinjol Ilegal

 

1. Mengancam Karier dan Masa Depan

Apa hubungannya pinjol dengan karir dan masa depan? Tentu hubungannya sangat erat. Sebab, sering terjadi kasus pinjol ilegal akan menyasar perusahaan atau tempat kerja sebagai sasaran untuk melakukan teror. 

Bahkan bisa mereka jadikan jaminan dari utang-utang yang dilakukan oleh peminjam. Hal ini tentu akan berdampak buruk dengan karir kalian untuk masa mendatang. Selain itu, hubungan pertemanan dengan rekan kerja pun bisa memburuk akibat hal tersebut.

2. Tidak Adanya Transparansi

Karena pinjol sifatnya online terkadang informasi yang ada berkaitan dengan pinjaman tersebut kurang lengkap. Informasi penting seperti biaya yang harus dibayarkan dan potongan dana pencairan tidak jelas nominalnya.

Jika dibilang apakah pinjol aman, sebenarnya relatif aman jika kalian mendaftar pada pinjol legal. Sebab, terdapat kejelasan informasi tersebut pada pinjol legal. Berbeda dengan pinjol ilegal yang cenderung tidak memiliki keterbukaan informasi sehingga banyak orang yang terjerat di pusaran tersebut.

BACA JUGA:5 Trik dan Tips Mengatasi Pinjol Ilegal Menyadap HP Agar Data Penting Tidak Disalahgunakan

3. Merusak Hubungan Sosial

Bahaya menggunakan pinjol ilegal yang lain yang mungkin mengancam akibat pinjol yaitu merusak hubungan sosial kalian dengan orang sekitar. Perlu diketahui bahwa saat kalian mengajukan pinjol maka harus memberikan data orang terdekat untuk jaminan.

Kategori :