Tetap Waspada, Ini 7 Bahaya Menggunakan Pinjol Ilegal yang Harus Dihindari

Sabtu 27-07-2024,18:50 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Sehingga jika kalian melakukan keterlambatan pembayaran cicilan maka orang tersebut akan dihubungi oleh pihak pinjol. Parahnya jika pinjaman dilakukan pada pinjol ilegal bisa jadi mereka akan menerima teror dari pihak pinjol ilegal.

4. Masuk Blacklist OJK

Apakah pinjol legal aman? Sebenarnya aman, namun tergantung pada diri kalian sendiri. Jika kalian tidak melakukan pembayaran pada pinjol legal juga memiliki dampak tersendiri.

Pihak pinjol legal akan memberikan identitas kalian kepada OJK untuk kemudian diproses masuk ke dalam blacklist. Sehingga bisa mengurangi skor kredit kalian untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga perbankan, dan mempersulit untuk mendapatkan pinjaman kembali. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Jadi Korban, Ini 7 Tips agar Tidak Tertipu Pinjol Ilegal yang Meresahkan

5. Penumpukan Denda dan Bunga

Pinjol ilegal biasanya membebankan bunga sangat tinggi bahkan sering kali mencekik para nasabah. Apalagi jika kalian telat membayar cicilan maka dendanya sangat besar. Sebab, pinjol resmi memiliki besaran bunga dan denda dengan angka maksimal 0.8%.

Sayangnya pinjol ilegal sering kali menetapkan bunga dan denda sesuai keinginan sendiri. Inilah yang menimbulkan pertanyaan apakah pinjaman online aman, sebab oknum-oknum semacam ini cukup meresahkan.

6. Kebocoran Data

Bahaya menggunakan pinjol ilegal berikutnya yaitu kebocoran data. Layaknya fintech pada umumnya, pinjol ilegal juga memungkinkan mengumpulkan data pribadi. Padahal kalian memahami jiksa data pribadi sebaiknya digunakan dengan hati-hati. Menjadi sebuah kesalahan apabila kalian memberikan data pribadi pada pinjol ilegal karena berpotensi disalahgunakan.

Bukan hanya data pribadi saja yang bocor, tetapi juga nomor kontak yang tersimpan di ponsel kalian. Hal ini memungkinkan penggunanya menanggung malu akibat data pribadinya tersebar.

BACA JUGA:6 Cara Hilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Penting Tidak Bocor

Peluang terjadinya tindak kejahatan dengan cara memanfaatkan data pribadi semakin besar. Kalian sendiri yang akan menanggung kerugian tersebut. Sehingga pastikan kalian benar-benar memperhatikan pinjol yang aman dan sudah terdaftar di OJK. Jangan sampai memberikan izin akses seluas-luasnya pada pinjol ilegal.

7. Teror yang Merugikan

Teror penagihan utang pelunasan biasanya dilakukan oleh DC yang terus menelpon. Bahkan cara mereka meneror sudah mengabaikan rasa kemanusiaan. Sering kali teror ini mengganggu kenyamanan seseorang hingga mengakibatkan depresi.

Itulah beberapa informasi seputar 7 bahaya menggunakan pinjol ilegal yang harus diwaspadai untuk menghindari dari berbagai risiko yang merugikan. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :