Bagaimana Tips Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi? Lakukan 10 Strategi Ini Dijamin Aman

Kamis 25-07-2024,21:22 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau fintech lending merupakan transaksi pinjam meminjam yang berbasis teknologi. Namun terkadang ada pinjaman yang menyalahgunakan data nasabah. Karena itu, tips agar pinjol tidak sebar data pribadi menjadi solusi tepatnya. 

Jika terjadi galbay atau macet bayar maka risiko yang harus dihadapi nasabah cukup beragam. Mulai dari teror, ancaman hingga penyebaran informasi pribadi nasabah, baik melalui media sosial maupun kontak ponsel. Namun, tips agar pinjol tidak sebar data pribadi perlu kalian coba dan lakukan. 

Tips agar pinjol tidak sebar data pribadi sembarangan tidak mudah, sebab saat ini sudah sangat marak penyebaran data nasabah yang bahkan diperjualbelikan. Cara tersebut bisa dituntut secara hukum, karena menyebarkan dan penyalahgunakan data pribadi seseorang. 

Lantas, bagaimana tips agar pinjol tidak sebar data pribadi nasabah? Berikut ada beberapa solusi efektif yang dapat kalian lakukan dan terapkan agar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:Penting Ketahui, Begini 8 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data yang Paling Ampuh

 

1. Amankan Log Panggilan 

Tips agar pinjol tidak sebar data pribadi yaitu dengan mengamankan log panggilan. Di awal penggunaan aplikasi pinjol akan diminta memberikan izin pada log panggilan sehingga pinjol bisa mengakses isi dari log panggilan. Dengan adanya kemudahan mengakses log panggilan, pinjol bisa mengetahui kontak mana yang sering dihubungi. 

2. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal 

Salah satu cara mempromosikan pinjol ilegal yaitu dengan mengunggah konten pinjol di kanal YouTube. Bahkan, pinjol tak ragu menggandeng sejumlah konten kreator terkemuka guna menjerat lebih banyak target. 

Konten ini bertujuan untuk mengecoh dan membujuk penonton agar melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjol yang dibahas. Tak jarang video yang dibagikan berisi iming-iming dan janji keuntungan guna menarik minat penonton. 

Agar tidak termakan ajakan ini, kalian perlu menghindari video promosi pinjol ilegal. Sangat dianjurkan pula untuk melaporkan video agar bisa dihapus dan diblokir oleh YouTube.

3. Bayar Tepat Waktu 

Agar tidak muncul penagihan yang isinya mengancam data pribadi, sebaiknya jangan sampai telat bayar soal penagihan atau cicilan. Jadi usahakan bayar tepat waktu. 

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol yang Tidak Sebar Data Pribadi, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik Kebocoran Data

Kategori :