Begini Cara Melunasi Utang Pinjol Agar Hidup Tenang Tanpa Tekanan

Selasa 23-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Cara melunasi utang pinjol penting diketahui oleh Anda yang saat ini mengalami kesusahan pembayaran utang. Dengan cara ini Anda bisa terhindar dari berbagai kerugian seperti dibebani bunga atau denda.

Tips dan cara melunasi utang pinjol bisa dilakukan dengan mudah. Debitur yang saat ini mengalami galbay atau nunggak harus tahu cara ini.

Penting bagi debitur untuk melakukan pelunasan utang supaya tidak berurusan dengan debt collector. Dengan cara melunasi utang pinjol di bawah ini Anda bisa terhindar dari berbagai kerugian.

BACA JUGA:Catat! DC Lapangan Pinjol Julo Akan Datang Kalau Sudah Lewat Jangka Waktu ini

Di bawah ini ada beberapa cara melunasi utang pinjol agar bebas dari jeratan tagihan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

 

1. Buat Rincian Utang

Cara melunasi utang pinjol pertama, yakni membuat rincian utang. Rincian utang yang penting diperhitungkan mulai dari jumlah, bunga, tenor, dan tanggal jatuh tempo.

Setelah itu, Anda perlu memprioritaskan pembayaran utang berdasarkan bunga dan tenor. Prioritaskan hutang bunga tinggi dan tenor singkat untuk dilunasi terlebih dahulu.

BACA JUGA:Terjebak Galbay? Ikuti 8 Cara Pelunasan Hutang Pinjol ini, Dijamin Auto Lunas Semua Tunggakannya

2. Buat Anggaran Pelunasan Utang

Apabila Anda sudah memperkirakan utang yang perlu dibayar, maka segera siapkan dana untuk melunasi tagihan tersebut. Anggaran ini harus mencakup semua pemasukan dan pengeluaran Anda.

Dengan ini, Anda dapat mengetahui berapa banyak dana pemasukan yang dialokasikan untuk pelunasan. Selain itu, disiplin dalam menjalankan anggaran juga perlu dilakukan.

3. Jual Aset

Apabila jumlah utang yang dimiliki tergolong cukup banyak, Anda bisa menjual aset untuk melunasi tagihan. Jika sudah tidak ada pilihan pertimbangkan untuk menjual aset atau barang berharga seperti emas, perangkat elektronik, dan lain sebagainya.

Kategori :