Animo Pendaftar Program Wirausaha Pemuda di Kabupaten Tegal Meningkat

Rabu 05-06-2024,14:45 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Sejak digulirkannya program Wirausaha Pemuda ditahun 2019  hingga tahun 2024. Animo pendaftar mengalami peningkatan.Tahun ini tercatat jumlah pendaftar  sebanyak 670 meningkat dari tahun 2023  yang erjumlah 647 orang.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni melalui Kabid Kepemudaan Bintang Suryowicaksono menyatakan, dari jumlah 670 pendaftar yang mengirim ide gagasan bisnis sebanyak 240 orang. Selama  satu bulan penuh, 240 anak muda itu akan kita nilai untuk menjaring top 100 calon wirausaha pemuda. 

"Top 100  yang terjaring akan kita tempa pembekalan materi kewirausahaan selama 2 bulan dari Juli hingga Agustus," ujarnya,  Rabu (5/6/2024).

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Rakor Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan

Materi kewirausahaan yang diberikan seperti modal canvas bisnis, lingkungan bisnis, rencana bisnis, hingga public speaking. Setelah dua bulan pembekalan, nantinya kita saring lagi menjadi  top 50 calon bos muda. Direncanakan awal September akan diadakan uji atau tes presentasi. 

"Di pertengahan September akan dilakukan penganugerahan top 28 wirausaha pemuda," cetusnya.

BACA JUGA:DPD LDII Kabupaten Tegal Adakan Pengukuran Arah Kiblat

Program wirausaha pemuda ini telah menjadi identitas dan program unggulan Kabupaten Tegal. Hal ini terbukti pada tanggal 6 hingga10 Juni 2024 mendatang. Kemenpora RI akan mengadakan syuting film dokumenter Wira Usaha Pemuda di Kabupaten Tegal. 

"Pemeran dalam film dokumenter  tersebut adalah Bupati Tegal  periode 2019 - 2014   Umi Azizah, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, Kepala Dinas Porapar dan NJO LSM Pupuk Ir Kawi serta 6 bos muda Wira Usaha Pemuda," ungkapnya. (adv)

Kategori :