5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal, Lakukan Cara Ini Supaya Tidak Rugi

Sabtu 25-05-2024,17:59 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Apakah kamu berencana untuk mengajukan pinjaman online? Jika iya maka artikel ini cocok untuk anda, karena di bawah ini akan mengulas beberapa tips menghindari pinjol ilegal.

Tips menghindari pinjol ilegal ini wajib anda ketahui, supaya dapat terhindar dari jebakan yang pihak mereka permainkan.

Pinjaman online seringkali menjadi solusi mengatasi permasalahan keuangan anda karena platform tersebut menyediakan limit pinjaman yang tinggi, tetapi jika anda salah memilih aplikasi tentunya akan membuat anda mempunyai masalah baru. Oleh karena itu beberapa tips menghindari pinjol ilegal ini perlu anda ketahui sebelumnya.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol ACC Cepat, Rahasia Pinjaman Cepat Cair

Nah dibawah ini akan mengulas secara lengkap beberapa cara supaya anda dapat menghindari pinjol ilegal, yuk simak terus ulasannya berikut ini.

1. Cek Bunga Pinjaman 

Cara menghindari pinjaman online tidak resmi atau ilegal yakni dengan mengecek suku bunga yang dimiliki.

Pinjaman online yang resmi terdaftar di OJK akan memberikan suku bunga sesuai aturan dari OJK, beda lagi dengan platform yang belum terdaftar di OJK mereka akan memberikan suku bunga yang rendah di awal dan akan menaikannya secara tiba-tiba dan tanpa adanya konfirmasi pada debitur.

Oleh karena itu sebelum melakukan pengajuan pinjaman di suatu aplikasi, anda perlu membaca syarat dan ketentuan yang dilampirkan.

2. Menjaga Data Pribadi 

Platform yang belum mengantongi izin akan sangat rawan menyebarkan data pribadi miliki debitur, oleh karena itu anda wajib menjaga data pribadi dengan cara jangan asal mengklik link yang tertera di suatu platform.

Biasanya link tersebut sudah diseting untuk mengambil data pribadi anda, seperti KTP atau KK.

3. Cek Izin Perusahaan 

Cara menghindari pinjol ilegal dengan mengecek izin perusahaan.

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman alangkah baiknya anda mengecek platfrom tersebut apakah sudah mengantongi izin dari Ojk atau tidak, jika setelah pengecekan belum resmi terdaftar maka anda wajib memikirkan secara matang unutk pengajuan pinjaman di platform tersebut.

Kategori :