Cegah Terulangnya Tragedi Subang, Polres Tegal Lakukan Ramp Check

Selasa 21-05-2024,08:30 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI - Kolaburasi Satlantas Polres Tegal bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dilakukan dalam pemeriksaan kendaraan (ramp check). Terhadap armada bus di Terminal Dukuhsalam Slawi.

Kegiatan kali ini dilakukan untuk mengantisipasi serta pencegahan terulangnya  tragedi bus terbalik di Subang yang menewaskan 10 siswa dan satu guru yang sedang melakukan study tour. 

Kapolres Tegal AKBP  Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kasatlantas AKP Wendi Andranu ST SIK didampingi  Kanitkamsel Ipda Setiadi mengatakan, pihaknya melakukan ramp chek. Atau pemeriksaan kendaraan untuk mengetahui kondisi kendaraan dalam kondisi baik. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelayakan teknis bus. Seperti rem, lampu dan kondisi ban yang masih layak pakai. 

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Terpilih Program Pendampingan InSWA

“Hal ini penting dilakukan karena seringkali kecelakaan terjadi akibat kendaraan yang kurang terawat," ujarnmya.

Ditegaskan, pemeriksaan juga dilakukan  untuk memastikan kondisi kendaraan bus yang digunakan selama perjalanan. Selain itu, juga untuk mengingatkan para pengemudi bus tentang pentingnya menjaga keselamatan dan mematuhi peraturan lalu lintas. Ramp check ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat Tegal.

BACA JUGA:Disesalkan, Desa Belum Bisa Salurkan ADD

Mereka berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Terutama bagi transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat. 

“Dengan adanya pemeriksaan rutin ini, diharapkan kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian pengemudi dan kondisi kendaraan yang buruk dapat dihindari,” ungkapnya.

Pihaknya  berharap adanya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk memperhatikan keselamatan dalam berkendara. Sehingga tragedi kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Subang tidak terulang kembali 

Kategori :