6 Bahaya Tidak Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Setelah Melunasi Utang

Selasa 05-03-2024,00:10 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Bahaya tidak hapus data pribadi di aplikasi pinjol berikutnya, yaitu pelanggaran privasi. Jika identitas nasabah tidak segera dihapus dari platfrom tersebut, maka bisa mengakibatkan pelanggaran privasi.

Data pengguna yang masih tersimpan di aplikasi pinjol dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Hal ini  dapat melanggar privasi pengguna dan mengakibatkan tindakan yang merugikan.

4. Potensi terjadinya penyusupan

Apabila data pada aplikasi pinjaman online tidak dihpaus, bisa menjadi pintu masuk bagi para penyusup atau hacker. Tindakan peretasan tersebut bisa mengakses data untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.

BACA JUGA: Rentang Waktu DC Lapangan Pinjol Berhenti Menagih Utang ke Nasabah

5. Kehilangan Akses terhadap Akun

Aplikasi pinjol yang tidak menghapus data pengguna dengan benar dapat menyebabkan pengguna kehilangan akses terhadap akun mereka. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi pengguna untuk menghapus informasi pribadi dari aplikasi pinjol.

6. Data digunakan untuk penagihan

Apabila data tidak hapus secara permanen, maka Anda bisa saja masih ditagih oleh penyedia pinjaman online. Hal ini dapat mengganggu privasi pengguna dan membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Itulah beberapa risiko yang perlu diperhatikan apabila tidak menghapus data pribadi di aplikasi pinjaman online. Tindakan yang merugikan seperti di atas biasanya dilakukan oleh pinjol ilegal karena tidak adanya pengawasan dari OJK.

Demikian informasi seputar bahaya tidak hapus data pribadi di aplikasi pinjol yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :