Tanpa Membayar Bisa Lunas, Begini 6 Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif

Rabu 28-02-2024,21:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

Cara melunasi utang pinjol berikutnya yaitu dengan membuat rencana pembayaran yang realistis. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengatasi kesulitan bayar utang.

Identifikasi sumber pendapatan tambahan jika diperlukan dan alokasikan sebagian pendapatan Anda untuk melunasi utang secara konsisten. Dengan perencanaan keuangan yang matang, melunasi tagihan pinjaman bukanlah hal yang sulit lagi.

BACA JUGA:5 Pinjol Legal Syariah Limit Tinggi Terbaru 2024 yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Ramadhan

5. Laporkan ke OJK Agar Utang Hangus

Apabila cara di atas sudah dilakukan, tetapi pihak pinjol melakukan penagihan dengan cara agresif segera laporkan. Buat laporan ke OJK disertai dengan bukti yang mendukung terkait praktik penagihan yang dilakukan oleh DC atau pihak penagih.

Dengan ini, Anda bisa bebas utang apabila penyedia pinjol terbukti melakukan pelanggaran. Otoritas Jasa Keuangan akan memberikan hukuman terkait pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan pinjaman online.

6. Jangan Ajukan Pinjaman Baru

Supaya cepat melunasi tagihan utang sebaiknya jangan sampai mengambil pinjaman baru. Hal ini bisa menyebabkan berbagai macam kerugian finansial bagi peminjam.

Mengambil pinjaman baru untuk menutup utang hanya akan menimbulkan masalah keuangan baru. Jadi, ini bukan solusi yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan utang pinjol.

BACA JUGA:Rentang Waktu DC Lapangan Pinjol Berhenti Menagih Utang ke Nasabah

Selain itu, cara melunasi tagihan pinjaman online tidak hanya butuh strategi keuangan saja. Anda juga perlu konsisten, sabar, dan menerapkan siklus keuangan yang sehat.

Demikian informasi seputar cara melunasi utang pinjol supaya cepat lunas dan lepas dari beban tagihan cicilan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :