Tanpa Membayar Bisa Lunas, Begini 6 Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif

Rabu 28-02-2024,21:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Sulit bayar cicilan pinjaman online yang menumpuk? Tenang saja, kini ada beberapa cara melunasi utang pinjol yang dapat Anda coba.

Selain menawarkan kemudahan, tak jarang debitur seringkali galbay dan akhirnya menimbulkan utang. Karena itu, Anda perlu cara melunasi utang pinjol supaya lepas dari beban tagihan pinjaman online.

Cara melunasi utang pinjol di bawah ini, umumnya dilakukan untuk menghindari hal-hal seperti penagihan DC yang kasar, dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya segera lakukan langkah cerdas ini supaya lepas dari jeratan pinjaman online.

Beberapa cara melunasi utang pinjol yang akan kami berikan mudah untuk Anda coba. Simak ulasan lengkap di bawah ini supaya tagihan cicilanmu cepat lunas dan bebas dari beban pinjaman online.

BACA JUGA:Daftar 50 Pinjol Ilegal Tanpa DC Lapangan Aman untuk Galbay Terbaru 2024

1. Jual Aset

Cara melunasi utang pinjol pertama yaitu dengan menghitung total semua nilai aset pribadi. Dengan ini, dapat membantu membuat perkiraan seberapa besar biaya yang dapat diperoleh berdasarkan aset.

Selain itu, Anda bisa menjual aset pribadi yang kamu miliki untuk membayar hutang. Cara ini tergolong mudah dan simpel untuk menyelesaikan utang dengan platfrom pinjol.

2. Pertimbangkan untuk Menggunakan Tabungan

Pertimbangkan menggunakan dana tabungan untuk membayar utang pinjaman online. Kemudian, usahakan untuk membangun kembali uang tabungan Anda setelah utang terlunasi secara keseluruhan.

Hal ini menjadi cara yang hemat dalam pelunasan hutang. Lantaran semakin banyaknya hutang, maka semakin kecil pula nilai kekayaan bersih.

BACA JUGA:Modus Pinjol Ilegal Jelang Ramadan dan Idul Fitri 2024, Jangan Sampai Tergiur

3. Minta Restrukturisasi Tagihan Utang

Mengajukan restrukturisasi utang ke penyedia pinjol bisa Anda coba jika sudah terlanjur menunggak pembayaran. Hal ini bermanfaat untuk merubah skema pembayaran mulai dari penurunan bunga, perpanjang tenor, dan mengurangi jumlah utang.

4. Buat Rencana Pembayaran yang Realistis

Kategori :