Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar, Auto Lunas dengan 8 Langkah Cerdas

Minggu 25-02-2024,06:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

5. Ajukan Restrukturisasi Utang

Debitur yang sudah telanjur menunggak utang, maka bisa ajukan restrukturisasi utang kepada penyedia pinjol. Restrukturisasi utang adalah pengajuan perubahan skema pembayaran utang, seperti perpanjangan jangka waktu pembayaran, penurunan suku bunga, atau pengurangan jumlah utang.

Untuk mengajukan restrukturisasi utang, kalian bisa menghubungi penyedia pinjol melalui telepon, email, atau chat. Kalian juga bisa mengajukan restrukturisasi utang secara langsung ke kantor penyedia pinjol, jika bersedia.

BACA JUGA: Daerah Luar Jawa Apakah Bisa Ditagih DC Lapangan Pinjol Jika Nasabah Galbay? Begini Penjelasannya

6. Laporkan Jika Melanggar

Penyedia pinjaman melakukan penagihan tidak sesuai aturan dapat dilaporkan, langkah ini merupakan cara melunasi utang pinjol tanpa bayar. Debitur bisa melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan nantinya pihak penyelenggara pinjol segera di urus oleh OJK.

7. Buat daftar utang

Daftar utang bisa membantu kalian untuk mengetahui berapa banyak utang yang kalian miliki. Selain itu, ini berguna untuk menghitung besaran bunga yang harus dibayar, dan berapa lama  harus membayar utang tersebut.

8. Jangan Mengambil Utang Baru

Supaya utang pinjol cepat lunas, maka sebaikya hindari mengambil pinjaman baru. Hal ini hanya akan memperburuk situasi keuanganmu dan menyebabkan siklus utang yang sulit dibayar.

Itulah cara melunasi tagihan utang pinjaman online agar cepat selesai. Melunasi utang tidak hanya membutuhkan strategi keuangan saja, melainkan butuh persiapan matang.

BACA JUGA: 6 Pinjol Tanpa KTP Pasti Cair dan Tak Perlu Pakai Jaminan, Aman dan Sudah Ada Izin dari OJK

Anda perlu waktu dan kesabaran dalam melunasi tagihan. Buat perencanaan pembayaran yang baik dan jangan menyerah.  Demikian informasi mengenai cara melunasi utang pinjol tanpa bayar beserta. (*)

Kategori :