13 Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan, Salah Satunya Bisa untuk Obat Awet Muda

Minggu 18-02-2024,06:15 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Selain itu, lidah buaya juga dapat meringankan masalah pencernaan lainnya. Tanaman ini dianggap aman dan bermanfaat untuk pencernaan.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, minum dua sendok makan jus lidah buaya sehari dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Di masa depan, lidah buaya dapat menjadi pilihan pengobatan untuk diabetes.

4. Mengurangi Plak

Plak tidak hanya membuat gigi kamu terlihat tidak sedap dipandang, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan gigi jika dibiarkan menumpuk.

BACA JUGA: 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Menggunakannya Pada Wajah

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah penumpukan plak, salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat kumur secara teratur.

Sebuah penelitian membandingkan efektivitas obat kumur standar yang mengandung klorheksidin dan jus lidah buaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua produk tersebut sama efektifnya. Bilas lidah buaya dapat membunuh Streptococcus mutans dan Candida albicans, yang menyebabkan plak.

5. Mengobati Sariawan

Sariawan dapat muncul di bawah bibir dan di dalam mulut. Sariawan biasanya berlangsung selama 7-10 hari.  Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi dan meningkatkan peradangan pada kandidiasis.

Selain itu, lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit yang menyiksa akibat sariawan.

BACA JUGA: Tak Hanya Lidah Buaya, Bahan-bahan Alami Ini Juga Dapat Melembabkan Kulit Wajah dengan Cepat

6. Memperlambat Penuaan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah memperlambat proses penuaan.  Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita di atas usia 45 tahun menunjukkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Kategori :