Apakah Anti-Aging Ampuh untuk Lansia? Inilah Faktanya, Berikut 5 Skincare Terbaik bagi Lansia

Selasa 06-02-2024,14:15 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG -  Produk anti-aging mungkin menjadi bintang utama dalam dunia perawatan kulit bagi wanita muda, tetapi bagaimana dengan mereka yang sudah berumur? 

Apakah produk-produk tersebut masih ampuh mengatasi kulit keriput pada lansia? Mari kita eksplorasi bersama apakah skincare anti-aging cocok untuk para wanita yang telah menapaki usia yang lebih matang.

Apakah Anti-Aging Ampuh untuk Lansia?

Setiap orang pasti mengalami perubahan kulit seiring bertambahnya usia. Ini dikarenakan berkurangnya elastin dan kolagen dalam kulit, yang berdampak pada munculnya masalah seperti garis halus, kulit kering, dan penipisan lapisan kulit pada lansia.

BACA JUGA:5 Cara Efektif Memiliki Wajah Cerah di Usia 50 Tahun. Gampang dan Nggak Nguras Kantong

Meskipun wanita berusia 50-60 tahun dapat menggunakan produk anti-aging, namun fakta menariknya adalah efektivitas produk ini sebenarnya lebih terlihat jika digunakan sejak usia muda, yakni sekitar 25 tahun ke atas dan di bawah usia 50 tahun. 

Mengapa usia 25 tahun? Pada usia ini, perubahan kulit sudah mulai terjadi, dan belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa produk anti-aging dapat mengatasi kulit keriput pada usia lanjut dengan hasil positif.

Jadi, jika Anda baru mulai menggunakan produk anti-penuaan saat sudah lansia, dapat dikatakan bahwa Anda datang terlalu terlambat. 

BACA JUGA:5 Cara yang Bisa Dilakukan agar di Usia 50 Tahun Bisa seperti Orang Korea

Produk ini cenderung memberikan hasil maksimal jika digunakan secara konsisten sepanjang rentang usia tersebut.

Penting untuk diingat bahwa produk perawatan kulit tidak memberikan hasil instan. Semakin banyak waktu yang Anda berikan, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan. 

Sebaliknya, jika seorang wanita lansia telah memiliki kebiasaan merokok dan pola hidup yang tidak sehat sejak muda, proses penuaan kulit bisa terjadi lebih cepat.

Paparan sinar matahari juga menjadi faktor utama yang menyebabkan kerusakan kulit dan mempercepat penuaan.

Sinar UV dapat memecah jaringan elastis di kulit, menyebabkan kerutan, kendur, dan munculnya bintik-bintik hitam.

Namun, mengatasi kulit keriput dengan produk anti-aging juga tidak bisa diandalkan dan dipaksakan. Lansia sebaiknya fokus pada perawatan kulit kering. 

Kategori :