Apakah Anti-Aging Ampuh untuk Lansia? Inilah Faktanya, Berikut 5 Skincare Terbaik bagi Lansia

Selasa 06-02-2024,14:15 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Rochman Gunawan

Kulit yang kering, selain dapat menurunkan kepercayaan diri, juga dapat memicu masalah lanjutan, termasuk risiko infeksi dan iritasi.

Skincare untuk Wanita Lansia

Meskipun dikatakan bahwa efeknya tidak terlalu maksimal, bukan berarti melakukan perawatan kulit harian merupakan hal yang sia-sia bagi wanita lansia. 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan baik, dan berikut adalah deretan skincare yang cocok untuk wanita berusia 50-an untuk perawatan kulit harian:

1. Pembersih Wajah:

Pilih sabun pembersih wajah yang berbahan ringan dan lembut. Membersihkan wajah setiap pagi dan malam dengan air hangat dapat membantu melembapkan kulit. Hindari menggosok kulit terlalu keras.

BACA JUGA:Mengatasi Keriput Wajah di Usia 50 Tahun dengan 6 Bahan Anti Penuaan ini Dijamin Ampuh

2. Pelembap:

Karena kulit lansia cenderung menipis, pelembap menjadi krusial. Gunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kekenyalan kulit dan membuatnya terlihat lebih muda. Pelembap dengan bahan peptide juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin.

3. Serum:

Pilih serum yang kaya antioksidan, seperti vitamin C dan E, untuk melawan radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan kulit. Retinol dengan konsentrasi rendah adalah pilihan anti-aging yang ringan dan efektif.

4. Sunscreen:

Sinar matahari tetap menjadi ancaman, bahkan di dalam rumah. Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kerutan, kasar, dan bintik hitam.

5. Eksfoliator:

Gunakan eksfoliator dua kali seminggu yang mengandung Alpha-hydroxy acids (AHA) untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, dan menghaluskan kulit.

Selain perawatan luar, penting bagi lansia untuk memperhatikan asupan nutrisi. Konsumsi makanan dan minuman tinggi antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan teh hijau, dapat membantu memelihara kesehatan kulit. 

Kategori :