Pepaya, Bahan yang Ampuh untuk Cantik Alami. Berikut 6 Cara Mengolahnya untuk Perawatan Tubuh

Rabu 17-01-2024,13:21 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG - Pepaya adalah buah yang tumbuh di iklim tropis. Selain rasanya yang manis,  pepaya dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan pencernaan.

Buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, beberapa di antaranya adalah mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Pepaya juga dipercaya dapat meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan penyembuhan luka.

Ternyata, pepaya juga memiliki manfaat kosmetik untuk kulit dan rambut. Berkat enzim aktif seperti enzim papain yang ditemukan dalam pepaya, kulit bisa menjadi lebih kencang jika mengkonsumsi buah pepaya.

Enzim ini membantu mengurangi pigmentasi dan mencegah pembentukan jerawat dan keriput. Pepaya juga membantu menjaga kesehatan rambut.

BACA JUGA:Terungkap, Inilah 6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Berikut Cara Menggunakannya

Berikut ini rangkuman enam manfaat pepaya untuk kecantikan kulit dan rambut yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mencegah keriput pada kulit

Kulit pepaya dikatakan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Beberapa orang mengatakan pepaya sama efektifnya dengan Retin-A.

Kulit pepaya mengandung enzim yang mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit. Hal ini membantu mengurangi keriput dan noda.

Oleskan kulit pepaya yang sudah dicuci ke seluruh wajah dan leher Kamu, biarkan selama 20 menit agar meresap, lalu bilas dengan air dingin.

Pepaya adalah buah yang umum dan sangat diperlukan untuk makanan penutup. Selain lezat, pepaya memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Melembabkan kulit

Pepaya adalah solusi bagi orang yang menderita kulit kering. Mengonsumsi pepaya membuat kulit menjadi lembut dan kenyal. Enzim dalam pepaya dapat merawat dan melembabkan kulit yang kering dan pecah-pecah.

BACA JUGA:9 Manfaat Masker Tomat yang Harus Kamu Tahu, Salah Satunya Dapat Mengurangi Penuaan Dini

Kategori :