BPBD Kabupaten Tegal Gelar Musyawaran Pembentukan FPRB

Sabtu 25-11-2023,10:59 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M Sekhun

SLAWI, DISWAY JATENG - Bertempat di gedung Dadali komplek setda, BPBD Kabupaten Tegal menggelar musyawarah pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB). 

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Ellya Hidayah membuka perhelatan tersebut sekaligus mewakili sekda yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, ditegaskan bahwa paradigma penanggulangan bencana yang semula hanya urusan pemerintah telah berubah menjadi urusan bersama. Yang tentunya ini membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh elemen pemangku kepentingan. Yang dikenal dengan istilah pentahelix. 

BACA JUGA:Catat! BPBD Kabupaten Tegal Waspadai 9 Bencana

"Di dalamnya  meliputi elemen masyarakat, pemerintah, dunia usaha, akademisi serta media massa dan media sosial," ujarnya, Jumat 24 November 2023.

Masyarakat menjadi elemen pentahelix yang paling strategis perannya dalam upaya penanggulangan bencana. Karena di samping sebagai pelaku, masyarakat sekaligus menjadi korban pada setiap kejadian bencana. 

Salah satu wadah dalam rangka membangun sinergi dan kolaborasi seluruh elemen pentahelix adalah Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB). 

BACA JUGA:BPBD Dukung Pengembalian Fungsi Hutan Lindung

“FPRB dibentuk pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan, dengan tujuan utama untuk mengkoordinasikan upaya pengurangan risiko bencana oleh berbagai pemangku kepentingan," cetusnya.

Pada tingkat desa/kelurahan, eksistensi FPRB Desa/Kelurahan menjadi indikator kunci keberhasilan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana).  Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) ini sangat dibutuhkan keberadaanya dalam rangka mengampanyekan budaya sadar bencana dan mengutamakan Pengurangan Risiko Bencana (PRB). 

BACA JUGA:Mantap! Gerak Cepat, BPBD Sosialisasikan Satuan Pedidikan Aman Bencana

“Sebagai bagian penting dalam gerak langkah pembangunan masyarakat dari tingkat satuan keluarga, kampung, desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga wilayah negara," ungkapnya. (ADV) 

 

Kategori :