Inilah 15 Jenis Jeruk Beserta Penjelasan Rasanya

Selasa 08-08-2023,00:43 WIB
Reporter : Denis Saputra
Editor : Denis Saputra

DISWAYJATENG.ID - Jeruk umumnya memiliki rasa manis dan menyegarkan, namun ternyata jeruk memiki banyak jenis, yang dimana setiap jenisnya berbeda-beda rasanya.

Berikut ini adalah 15 jenis-jenis jeruk:

BACA JUGA:Inilah 15 Olahan Makanan atau Minuman Dari Jeruk yang Bisa Anda Buat di Rumah

1. Jeruk Novel (Citrus sinensis)

Jenis jeruk yang pertama ada Jeruk Novel, dikenal dengan tonjolan berbentuk pusar di bagian bawah buah. Buahnya besar, berkulit tebal, dan berwarna jingga cerah. Daging jeruk Navel manis, sedikit biji.

2. Jeruk Valencia (Citrus sinensis)

Berikutnya ada juga Jeruk Valencia, jeruk ini berukuran sedang hingga besar dengan kulit jeruk. Daging buahnya gurih, manis dan sedikit asam. Jeruk ini sering dijadikan sebagai sumber sari jeruk.

3. Jeruk Mandarin (Citrus reticulata)

Selanjutnya ada jenis Jeruk Mandarin, jeruk ini berukuran kecil hingga sedang dengan kulit yang mudah dikupas. Daging buahnya empuk, empuk dan biasanya mengandung sedikit biji.

4. Jeruk Keprok (Citrus reticulata Blanco)

Jeruk keprok memiliki kulit yang mudah dikupas sehingga sering dijadikan sebagai cemilan yang asik. Dagingnya manis, empuk dan sedikit asam. Jeruk jenis ini sering dijadikan jeruk impor karena daya tahannya yang baik.

5. Jeruk Clementine (Citrus reticulata)

Clementine adalah jeruk keprok yang kulitnya mudah dikupas. Daging buahnya manis, empuk dan hampir tidak berbiji.

6. Jeruk Blood Orange (Citrus sinensis)

Jeruk darah memiliki daging buah berwarna merah atau merah tua, yang disebabkan oleh kandungan pigmen antosianin. Rasa manis dengan sedikit rasa berry.

7. Jeruk Grapefruit (Citrus paradisi)

Grapefruit memiliki kulit yang tebal, warna daging dari terang hingga merah muda. Rasanya bervariasi dari manis hingga sedikit pahit. Jeruk jenis ini sering dijadikan jus atau dimakan sebagai buah segar.

BACA JUGA:Ternyata Inilah Manfaat yang Terkandung Dalam Jeruk

8. Jeruk Pomelo (Citrus maxima)

Jeruk Pomelo yaitu buah jeruk terbesar dalam keluarga jeruk. Kulitnya tebal dan dagingnya berwarna putih kemerah-merahan. Rasa manis dan sedikit asam.

9. Jeruk Kaffir (Citrus hystrix)

Jeruk Kaffir dengan daunnya sering digunakan dalam masakan Asia karena aromanya yang khas. Buahnya yang kecil dan keriput sering digunakan sebagai bumbu masakan.

10. Jeruk Satsuma (Jeruk unshiu)

Jeruk satsuma merupakan jenis jeruk mandarin yang kulitnya mudah dikupas. Daging buahnya manis, empuk dan hampir tidak berbiji.

11. Jeruk Calamondin (Citrus microcarpa)

Jeruk calamondin adalah jeruk berukuran kecil dengan kulit berwarna jingga atau kuning. Rasanya asam dan sering digunakan untuk memasak atau minum.

12. Jeruk Bergamot (Citrus bergamia)

Bergamot digunakan untuk membuat minyak esensial yang digunakan dalam wewangian dan produk perawatan kulit. Buah kecil dengan kulit keriput dan rasa pahit.

13. Jeruk Ugli (Tangelo)

Jeruk Ugli adalah hibrida dari jeruk, grapefruit dan mandarin. Kulit tebal dengan daging asam manis.

14. Jeruk Minneola (Tangelo)

Jeruk Minneola adalah hibrida antara jeruk dan grapefruit. Ini terlihat seperti jeruk keprok dengan kulit yang mudah dikupas dan rasa yang manis.

15. Jeruk Seville (Citrus aurantium)

Jeruk Seville adalah jeruk yang biasa digunakan untuk membuat selai jeruk karena kulitnya yang kaya pektin. Buah besar, kulit keriput, rasa agak pahit.

Setiap jenis jeruk memiliki karakteristik yang berbeda dari segi bentuk, rasa dan kegunaannya. Beberapa varietas mungkin lebih cocok untuk dimakan segar, sementara yang lain lebih sering digunakan untuk memasak atau minum.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Manfaat Buah Jeruk yang Enak Untuk Kesehatan Tubuh

Kategori :