6 Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

6 Cara Efektif Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data

cara mengatasi pinjol ilegal sebar data --foto duwitku

2. Jangan Sebar Informasi Pribadi

Ketika melakukan pinjaman online, pastikan bahwa nasabah tidak menyebarkan atau memberikan informasi pribadi secara berlebihan, seperti nomor KTP, nomor rekening bank, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa membahayakan nasabah jika jasa pinjaman online yang digunakan merupakan jasa pinjaman online ilegal. 

3. Melakukan Pelunasan Utang

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data yang bisa dilakukan berikutnya yaitu dengan memastikan bahwa nasabah yang data pribadinya disebarkan oleh pihak jasa pinjaman online untuk melunasi hutang yang ada pada pinjaman online tersebut. Karena, biasanya ancaman tersebut muncul ketika nasabah belum melunasi utang yang ada.

4. Lapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Selain itu, nasabah juga bisa melaporkan kasus penyebaran data pribadi tersebut kepada pihak otoritas jasa keuangan (OJK). Hal tersebut bisa membantu nasabah untuk penyelesaian masalah dengan cepat. Pihak OJK juga bisa mengambil tindakan kepada pinjaman online ilegal yang meresahkan tersebut. 

5. Lapor ke Polisi

Cara mengatasi pinjol ilegal sebar data berikutnya yaitu dengan lapor ke polisi. Nasabah yang data pribadinya disebarkan oleh pihak jasa pinjaman bisa melaporkan kasus tersebut kepada pihak polisi. Hal tersebut dikarenakan, pihak jasa pinjaman online tersebut telah melanggar hukum.

BACA JUGA:Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi, sangat Ampuh dan Efektif!

6. Menghapus Izin Operasi Pinjaman Online

Nasabah yang data pribadinya disebarkan oleh pihak jasa pinjaman bisa menghapus cache dan data aplikasi pinjaman online yang digunakan. Selain itu, nasabah juga bisa langsung mengambil tindakan menghapus aplikasi pinjaman online tersebut.

Demikian beberapa informasi mengenai 6 cara mengatasi pinjol ilegal sebar data yang bisa kalian terapkan agar terhindar dari penyebaran dan penyalahgunaan data pribadi. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: