Dua Hari Jelang Penetapan KPU, Prof Yoko Bawa Sinar Terang Pindah Haluan Dukung Robby-Nina

Dua Hari Jelang Penetapan KPU, Prof Yoko Bawa Sinar Terang Pindah Haluan Dukung Robby-Nina

BERDISKUSI : Pasangan Robby-Nina saat berdiskusi dengan Prof Yoko (tengah kemeja hitam) di Salatiga, Kamis 19 September 2024. Foto : Nena Rna Basri--

SALATIGA.jateng.disway.id - Persiapan Pilwalkot Salatiga 2024 mulai ramai. Pendiri Relawan Sinar Terang, Prof Haryoko mengalihkan dukungan kepada cawalkot dr Robby Hernawan SpOG dan cawawalkot Nina Agustin (Robby-Nina). 

Kepastian dukungan itu ditunjukkan dengan pendeklarasian Tim Relawan Sinar Terang di Rumah Joglo ''Prof Haryoko'' Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Blotongan, Kamis 19 September 2024 petang.

Sebagai informasi, Prof Haryoko atau Prof Yoko, di awal-awal penjaringan cawalkot dan cawawalkot sejumlah partai di Salatiga, terlihat lengket dengan Sinoeng N Rachmadi. Hingga Sinoeng kemudian dipasangkan dengan Budi Santoso dari PKS, Prof Yoko masih sering terlihat mengawal.

Namun menjelang penetapan paslon di KPU, Minggu 22 September 2024 lusa, Prof Yoko mengalihkan dukungannya ke duet Robby-Nina. Sebagaimana diketahui, Robby-Nina diusung oleh partai-partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

BACA JUGA: Didominasi Pemilih Pemula, DPT Pilwakot Salatiga Naik 3.210 Jadi 149.477 Pemilih

BACA JUGA: Mantan Wali Kota Salatiga Yuliyanto Disebut-sebut Jadi Ketua Tim Pemenangan Robby-Nina

Dukungan relawan Sinar Terang

Ketua Tim Pemenangan Robby-Nina, Yuliyanto mengaku sangat gembira dengan dukungan yang diberikan Tim Relawan Sinar Terang. Mantan wali kota Salatiga dua periode itu mengungkapkan pasangan yang pantas memimpin Kota Salatiga ke depan adalah dr Robby-Nina.

Yulianto mengeaskan kepantasan itu, karena paslon Robby-Nina didukung berbagai lapisan masyarakat. "Selama ini dr Robby telah terbukti pengabdian-pengabdiannya di bidang kesehatan. Sedang Mba Nina sosok yang memiliki jaringan kuat di DPR RI."

"Tidak perlu diragukan. Tak salah Prof Haryoko bersama Sinar Terang mendukung Robby-Nina," tandas dia.

Yuliyanto meyakini bergabungnya Prof Yoko dan Relawan Sinar Terang, akan semakin memperkuat basis massa untuk memenangkan Robby-Nina.

BACA JUGA: KPU Salatiga Butuh 2.100 Petugas KPPS untuk Mengisi 300 TPS

BACA JUGA: Pj Wali Kota Salatiga: Bawaslu dan KPU Bisa Dilaporkan ke Gakkumdu

Di tempat terpisah, dr. Robby sangat gembira dengan masuknya dukungan dari Tim Relawan Sinar Terang yang telah berbadan hukum. "Saya kira dukungan Sinar Terang di bawah pembinaan Prof Yoko sangat positif dan berarti bagi pergerakan bagi kami Robby-Nina," ungkapnya di Bistro, Salatiga.

Adanya tambahan dukungan dari Relawan Sinar Terang Salatiga tersebut, diakui dokter spesialis kandungan itu, semakin memperkuat pemenangan Robby-Nina. Apalagi Prof Yoko bersama perwakilan Relawan Sinar Terang mengaku telah bekerja sejak November 2023 lalu.

Rumdin wali kota buka 24 jam

Prof Yoko mengajak relawan Sinar Terang memberikan dukungan kepada Robby-Nina, untuk menjadi wali kota dan wakil wali kota Salatiga 2024-2029. "Untuk kali pertama dalam sejarah, seorang dokter memimpin Salatiga dan sangat luar biasa." 

Dalam kesempatan itu, Prof Yoko juga menyinggung rumah dinas wali kota Salatiga 24 jam terbuka bagi rakyat, karena bukanlah rumah pribadi. Menurutnya, rumah dinas harus bisa menerima aspirasi masyarakat yang ditujukan kepada wali kota.

BACA JUGA: Indeks Karawanan Pilkada Salatiga Tinggi

BACA JUGA: Ketua DPRD Salatiga Ingatkan Tikungan Tajam PKPU Pilkada

Sebagai informasi, berpindahnya dukungan Prof Yoko dan Relawan Sinar Terang sempat diwarnai drama. Bahkan muncul pemberitaan Prof Yoko mundur sebagai Tim Pemenangan Sinoeng, yang saat itu dikatakan sebagai hoaks dan tidak berdasar.

Demikian informasi tentang deklarasi Tim Relawan Sinar Terang, yang mengalihkan dukungannya untuk paslon Robby-Nina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: