Pj Wali Kota Tegal Buka Bakti Sosial Community Service#1 FKG UMY dan Launching Clinic Dental Mobile

Pj Wali Kota Tegal Buka Bakti Sosial Community Service#1 FKG UMY dan Launching Clinic Dental Mobile

MEMBUKA - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri didampingi Rektor UMY, Sekretaris Daerah Agus Dwi Sulistyantono dan undangan lainnya.Foto:Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri membuka Community Service#1 (Number 1) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Kota Tegal tahun 2024 dan sekaligus melaunching Clinic Dental Mobile UMY di Pendapa Ki Gede Sebayu.

Pembukaan Bakti Sosial juga diikuti oleh 1.000 siswa SD yang akan mengikuti pemeriksaan gigi dan mulut dengan menggunakan aplikasi Screening Indonesian Dental Caries Risk Asessment (IDCRA) secara zoom dari sekolahnya masing-masing. 

Seperti di SDN Bandung 1, SD Muhammadiyah 1, 2, dan 3, SD Aisyiyah Cahaya Insan, SDN Tegalsari, dan SDN Panggung 8, SDN Kalinyamat Kulon 3, SDN Panggung 11 dan SD lainnya. 

BACA JUGA:PCNU Kabupaten Batang Tolak Ajakan Muktamar Luar Biasa

Ketua Panitia Bakti Sosial Community Service#1 FKG UMY Dimas Lingga Pangestu dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tegal atas kerja samanya dalam kegiatan tersebut.

"Terima kasih untum Pemkot Tegal, kami tidak menyangka acara ini dapat terselenggara di luar Provinsi DIY, Kami juga mohon maaf kepada pihak yang sudah direpotkan. Program ini semoga lancar, kami juga akan melakukan penyuluhan, pemeriksaan gigi gratis bagi anak sekolah dasar, mohon dukungannya," ujarnya.

Kegiatan Community Service yang dilaksanakan oleh FKG UMY, salah satunya adalah Screening IDCRA yang merupakan salah satu metode dalam melakukan assessment. Kegiatan tersebut merupakan hal yang sangat positif ketika nanti bisa dilaksanakan di Kota Tegal.

BACA JUGA:Sekda Demak: ASN Boleh Jadi KPPS tapi Harus Netral

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto merasa bangga khususnya bagi UMY dapat diterima di Kota Tegal dan merupakan pembuka langkah untuk menjalin kerja sama antara Pemerintah Kota Tegal dengan UMY.

"Kegiatan pertama di luar DIY, saya berharap ada kelanjutan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Tegal, semoga program ini bermanfaat bagi anak-anak dan masyarakat Kota Tegal," ujarnya.

Sememtara itu, Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri mengapresiasi program yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi UMY 

"Kami mengpresiasi bansos yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi UMY, saya bangga pada bulan yang penuh berkah ini Kota Tegal kedatangan tamu yang luar biasa," ujar Dadang.

BACA JUGA:Kota Tegal Gladi Makan Bergizi Gratis di 6 SD

Apalagi kegiatan menggunakan aplikasi Screening IDCRA milik UMY yang akan diikuti oleh 1.000 anak sekolah dasar secara gratis, diharapkan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).  Dalam kegiatan tersebut juga dilaunching Clinic Dental Mobile UMY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: