4 Cara Mudah Amankan Kontak WhatsApp Supaya Tidak Diakses Pinjol

4 Cara Mudah Amankan Kontak WhatsApp Supaya Tidak Diakses Pinjol

cara amankan kontak whatsapp agar tidak diakses pinjol--foto media konsumen

Tongam mengatakan, selama ini pihaknya juga terus melakukan patroli siber dan masih banyak menemukan adanya aplikasi milik Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Ironisnya, beberapa KSP yang menjalankan bisnis pinjol ilegal ini justru memiliki izin badan hukum yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM.

Pengawas Koperasi Ahli Madya KemenkopUKM Masyrifah bilang ada sembilan KSP yang masuk dalam daftar pinjol ilegal SWI yang memiliki izin AHU tersebut.

Namun dia menegaskan bahwa tidak semerta-merta langsung menilai aplikasi tersebut menjalankan bisnis pinjol ilegal. Ia menegaskan pihaknya selalu memverifikasi apakah KSP-KSP digital itu memberikan pinjaman ke bukan anggota.

BACA JUGA: Tips Hapus Data Pinjol Agar Aman dari Penyadapan dan Penyebaran Informasi Pribadi

BACA JUGA: Nasabah Nggak Perlu Takut, Begini Cara Menghadapi Teror Sebar Data Pinjol yang Aman

Sebab, seperi diketahui, KSP hanya diperbolehkan menyalurkan pinjaman kepada anggota saja. “Kalau ada KSP menawarkan pinjaman ke anggotanya atau di luar calon anggota, kami pastikan ilegal,” imbuh Tongam.

Itulah beberapa informasi seputar cara amankan kontak WhatsApp (WA) agar tidak diakses pinjol yang perlu dilakukan agar data tetap aman dan terjaga. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: