6 Cara Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal yang Paling Efektif

6 Cara Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal yang Paling Efektif

cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal--foto sajian sedap

DISWAYJATENG.ID - Bagi kalian yang sudah telanjur masuk dalam dunia pinjol ilegal yang suka menyebar data, simak uraian di bawah ini untuk mengetahui cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal berikut selengkapnya.

Maraknya pinjol ilegal ada berbagai kasus risiko yang merugikan, seperti sadap data penting jika nasabah mengalami galbay alias gagal bayar. Bukan hanya nomor kontak, pihak tidak bertanggung jawab tersebut bahkan juga bisa menyadap lokasi, jaringan internet, media sosial, internet banking, hingga e-commerce para nasabahnya. Untuk itu, ketahui cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal yang dapat kalian coba. 

Data-data penting yang ada pada ponsel kalian bisa saja dicuri oleh pinjol alias pinjaman online sebagai ancaman, teror dan tindakan lainnya jika nasabah menunggak pembayaran. Karena itu, cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal penting diketahui agar bebas dari berbagai risiko. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan sadapan pinjol ilegal? Berikut ada beberapa solusi efektif yang dapat kalian lakukan agar terhindar dari penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:6 Cara Hilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Penting Tidak Bocor

Satgas Waspada Investasi (SWI) setidaknya telah memberantas 116 situs pinjol ilegal hingga 31 Oktober 2021. Sementara bila ditarik dari awal tahun 2018, total sudah 3.631 pinjol ilegal yang diberantas.

Cara Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal

Mengutip akun Instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut adalah beberapa cara menghilangkan sadapan pinjaman online ilegal supaya tidak terus menerus mengganggu, sebagai berikut: 

1. Menghubungi Call Center

Jika pinjaman atau utang yang kalian ajukan sudah lunas, silahkan menghubungi call center pinjaman online dan mengajukan permohonan penghapusan data pribadi kalian. Sertakan bukti-bukti valid bahwa utang dari pinjaman sudah kalian lunasi.

2. Hapus Aplikasi Pinjaman Online

Selain hapus data aplikasi pinjaman online, cara menghilangkan sadapan pinjaman online ilegal berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasinya. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan yang ada di telepon kalian
  • Pilih pada bagian Aplikasi
  • Cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  • Pilih Uninstall.

BACA JUGA:6 Tips Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Tetap Terjaga

3. Menolak Perizinan Akses

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: