Dispermades Kabupaten Tegal Dorong Produk BUMDes Go Internasional

Dispermades Kabupaten Tegal Dorong Produk BUMDes Go Internasional

PENGARAHAN - Tim dari Kemendes PDTT memberikan pengarahan saat Rakor dan Peninjauan Produk Unggulan Desa di Kabupaten Tegal.--

"Kita juga hadirkan BUMDes dan BUMDesma sebagai agen LION Ekspedisi," sambungnya.

Sementara, Direktur Pengembangan Produk Unggulan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi M Fachri mengaku bahwa dalam kegiatan ini pihaknya bertugas sebagai fasilitator antara desa dengan Pemerintah Pusat.

Fachri meminta BUMDes untuk mengidentifikasi kebutuhan BUMDes dan pihaknya akan mencarikan produsen dari pusat. 

"Apa yang kita lakukan saat ini, setidaknya telah memotong mata rantai distribusi," cetusnya.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Distribusikan Air Bersih

Dia mencontohkan, selama dua tahun terakhir ini yakni dengan Semen Indonesia. Rantai pasok semen selama ini dari produsen ke distributor kemudian ke agen dan ke toko serta ke pengguna.

Tapi, jika BUMDes siap untuk bekerjasama, maka bisa langsung dari produsen ke pengguna. Sehingga bisa memotong mata rantai distribusi.

"Apakah BUMDes butuh modal, menurut saya tidak. Yang dilakukan BUMDes hanya mengidentifikasi kebutuhan. Berapa kebutuhan material di sekitar wilayah BUMDes itu sendiri," ujarnya.

BACA JUGA:Bincang Kreatif Dinas Perkim, Sosialisasikan Program Kegiatan

Dia menyatakan, setiap desa pasti memiliki program pembangunan infrastruktur yang dianggarkan dari Dana Desa. Jika material pembangunan mengambil dari BUMDes, maka keuntungannya bisa dikembalikan lagi ke desa sebagai pendapatan asli desa.

"Sirkulasi seperti ini, kami dari pusat siap mendorong. Sehingga BUMDes ini bisa menjadi entintas yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: