Rumah Warga di Dukuhwringin Kabupaten Tegal Nyaris Terbakar, Petugas Damkar Datang Tepat Waktu

 Rumah Warga di Dukuhwringin Kabupaten Tegal Nyaris Terbakar, Petugas Damkar Datang Tepat Waktu

PEMADAMAN - Sejumlah petugas damkar saat memadamkan kobaran api yang membakar ilalang di lahan kosong Desa Dukuhwringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal, Selasa (3/9/2024).Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Sejumlah warga di Jalan Merbabu RT 01 RW 05  Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, nyaris terbakar. Beruntung, petugas pemadam kebakaran (damkar) datang tepat waktu.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal, Supriyadi melalui Kabid Penanggulangan Kebakaran Suwitno menuturkan, kobaran api telah membakar ilalang yang tumbuh di lahan kosong pada Selasa (3/9/2024) sekitar pukul 11.30 WIB. 

Di kawasan lahan kosong itu berdiri sejumlah rumah warga. Saat petugas damkar datang ke lokasi, api sudah menjalar dan nyaris melalap rumah warga. Jarak api dengan bangunan rumah sekitar 5 meter.

BACA JUGA:Tunda Ajuan Site Plan, Dorong Kesadaran Pengembang Perumahan

Semula, warga di lokasi sudah berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, api tak kunjung padam. Sehingga warga memutuskan untuk lapor ke petugas damkar.

"Dalam waktu yang singkat, personel kami datang ke lokasi. Dan mereka langsung melakukan penanganan," kata Suwitno, saat dihubungi Selasa siang.

Menurutnya, api berhasil dijinakkan setelah personel damkar bersama warga berjibaku selama 2 jam. Mereka dengan cepat mencegah jilatan si jago merah menjalar ke bangunan rumah warga.

BACA JUGA:BPBD Susun Dokumen Rencana Kontigensi Erupsi Gunung Slamet

Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa maupun luka. Kerugian pun juga nihil. Suwitno menduga, penyebab kebakaran karena kelalaian warga. 

"Kemungkinan ada yang membuang putung rokok yang masih menyala atau ada orang yang membakar sampah dan ditinggal pergi. Sehingga apinya merambat ke ilalang yang kering," tutupnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: