8 Cara Lepas dari Jeratan Pinjaman Online

8 Cara Lepas dari Jeratan Pinjaman Online

cara lepas dari jeratan pinjaman online --foto youtobe

DISWAY JATENG.ID - Cara lepas dari jeratan pinjol dapat dijadikan pilihan yang tepat, sebab mudah dilakukan dengan proses yang cepat. Tidak sedikit orang yang terjebak dalam jeratan pinjol, hal ini tidak lain karena kemudahan mendapatkan pinjaman yang ditawarkan para perusahaan pinjol.

Sayangnya, tidak semua pinjol ini memiliki legalitas yang akhirnya justru merugikan para peminjam. Mulai dari bunga yang tinggi hingga denda yang dihitung per hari. Untuk itu, perlu ketahui cara lepas dari jeratan pinjaman online. 

Cara lepas dari jeratan pinjol, tidak sedikit juga orang yang akhirnya melakukan gali lubang tutup lubang dengan melakukan pinjaman online baru ke pinjol lainnya. Namun hal tersebut justru sangat merugikan bagi kalian sendiri sebab tagihannya semakin kian menumpuk dan bingung mau mulai dari mana dulu. 

Nah, agar tidak terjerat kedalam pinjaman online, di bawah ini ada beberapa cara lepas dari jeratan pinjol yang dapat kalian terapkan.

BACA JUGA:Terjerat Utang Pinjol? Begini 5 Tips Ampuh Keluar dari Jeratan Pinjol yang Menumpuk

Cara Lepas dari Jeratan Pinjaman Online 

1. Cek Status Pinjol Ilegal Bukan

Ketika membutuhkan dana, kebanyakan orang akan merasa terburu-buru dan akhirnya terjebak pada pinjol ilegal. Jika perusahaan pinjol kalian legal, ada baiknya untuk melunasi kewajiban karena jika tidak implikasinya akan tidak baik, seperti masuk blacklist SLIK OJK, dikejar-kejar debt collector.

Sedangkan, jika kalian mengecek dan ternyata perusahaan pinjol ilegal, maka kalian bisa melaporkan ke OJK atau ke pihak berwajib jika mereka melakukan penagihan yang tidak sesuai ketentuan, seperti mengancam atau meneror. 

2. Manfaatkan Bonus Tahunan

Jika kalian mendapatkan penghasilan tambahan, misalnya dari bonus tahunan atau THR, kalian dapat sisihkan untuk melunasi utang pinjol. Tingginya bunga pinjol membuat kita lebih baik melunasi pinjol dibandingkan untuk investasi. 

3. Ajukan Restrukturisasi Pinjaman

Cara lepas dari jeratan pinjol berikutnya yaitu dengan mengajukan restrukturisasi pinjaman menjadi salah satu jalan keluar. Apalagi OJK sudah mengijinkan penyelenggara pinjol untuk bisa memberikan keringanan dalam bentuk restrukturisasi kredit. Biasanya, restrukturisasi ini bisa berupa diskon denda atau bunga, hingga perpanjangan masa kredit. Tergantung hasil negosiasi dengan perusahaan pinjol.

BACA JUGA:4 Tips Lepas dari Jeratan Pinjol Ilegal saat Terlanjur Galbay

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: