Tak Perlu Pilih Salah Satu, Lakukan Pemeriksaan Genomik Sekaligus MCU

Tak Perlu Pilih Salah Satu, Lakukan Pemeriksaan Genomik Sekaligus MCU

MEMERIKSA-Petugas sedang melayani pemeriksaan di Prodia Cabang Tegal.Foto: Meiwan Dani R/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Dalam dunia yang penuh dengan kesibukan dan tekanan, sering kali kesehatan menjadi prioritas yang terabaikan. Padahal, pemahaman yang baik tentang kondisi kesehatan dapat memberikan banyak manfaat. Mulai dari deteksi dini penyakit, pencegahan komplikasi penyakit, hingga peningkatan kualitas hidup dan produktifitas secara keseluruhan. Dua pendekatan utama yang dapat dilakukan adalah dengan medical check-up (MCU) dan pemeriksaan genomik. Namun, tidak sedikit dari kita yang belum memahami perbedaan dan manfaat kedua jenis pemeriksaan ini. 

MCU seperti pemeriksaan status kolestrol atau status gula darah pada umumnya dilakukan secara berkala sebagai landasan kesehatan yang berisi rangkaian pemeriksaan rutin untuk mengevaluasi kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. MCU terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan tes fisik yang dapat mendeteksi berbagai penyakit dan kondisi kesehatan terkini bahkan sebelum gejala muncul. 

BACA JUGA:Cegah Kenakalan Remaja, Deklarasi Antiperundungan

"Sehingga, memungkinkan kita untuk memantau berbagai aspek kesehatan tubuh, mulai dari tekanan darah, kadar gula darah, hingga fungsi organ-organ vital untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi yang lebih parah apabila terdeteksi masalah," kata Branch Manager Prodia Tegal Kushartarti.

Sedangkan untuk manfaat Medical Check-up diantaranya Deteksi Dini Penyakit untuk Pemeriksaan rutin dapat mendeteksi penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kanker pada tahap awal, sehingga meningkatkan peluang pengobatan berhasil. Kemudian pemantauan Kondisi Kesehatan Bagi mereka yang memiliki kondisi kronis, medical check-up membantu dalam pemantauan dan penyesuaian perawatan untuk mengelola kondisi tersebut dengan lebih baik. Selanjutnya Pencegahan, Tes dan pemeriksaan yang dilakukan dapat mengidentifikasi faktor risiko seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi memungkinkan mencegah perkembangan penyakit lebih lanjut. 

BACA JUGA:Kabar Gembira! Pemkab Tegal Buka 300 Formasi CPNS 2024

"Dan konsultasi Kesehatan yaitu Medical check-up memberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang gaya hidup sehat, nutrisi, dan tindakan pencegahan lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, pemeriksaan genomik menawarkan pendekatan yang lebih personal dalam bentuk prediksi dan pencegahan penyakit. Dengan menganalisis DNA, kita dapat mengidentifikasi kecenderungan genetik terhadap penyakit tertentu, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, bahkan pola hidup olahraga dan diet yang tepat. Informasi ini memungkinkan kita untuk mengambil tindakan pencegahan yang lebih spesifik dan efektif, serta merancang strategi pengobatan yang disesuaikan dengan profil genetik masing-masing individu.

BACA JUGA:Kabupaten Pemalang Miliki Portal Satu Data

Manfaat Pemeriksaan Genomik yaitu risiko penyakit dari profil Genetik yaitu mengetahui risiko genetik terhadap penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan syaraf  yang dapat membantu individu untuk mengambil langkah pencegahan lebih awal. Kemudian pengobatan yang personal dengan Informasi genomik dapat membantu dokter merancang pengobatan yang lebih efektif berdasarkan profil genetik pasien, meningkatkan respons terhadap terapi. Pencegahan dan Gaya Hidup: Dengan mengetahui risiko genetik, individu dapat membuat perubahan gaya hidup yang lebih tepat sasaran, seperti diet dan olahraga, untuk mencegah timbulnya penyakit.

"Dan kesehatan keluarga yaitu pemeriksaan genomik juga bermanfaat untuk anggota keluarga, karena risiko genetik sering kali diturunkan. Ini memungkinkan pencegahan dan penanganan penyakit dalam keluarga secara lebih menyeluruh," ujarnya.

BACA JUGA:PGOT Dilarang Meminta di Lampu Merah Kabupaten Pemalang

Menggabungkan MCU dengan pemeriksaan genomik memberikan pendekatan yang lebih lengkap untuk pemeliharaan kesehatan. MCU memberikan gambaran kondisi kesehatan saat ini dan mendeteksi penyakit secara langsung, dilengkapi dengan pemeriksaan genomik yang menawarkan wawasan tentang risiko kesehatan di masa depan berdasarkan profil genetik individu. Kombinasi ini membuat kita memperoleh gambaran menyeluruh tentang kombinasi ini membuat kita memperoleh gambaran menyeluruh tentang kondisi kesehatan kita dan merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk prevensi dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Melalui pendekatan yang proaktif ini, kita dapat meningkatkan kualitas hidup, mencegah penyakit, dan memastikan bahwa kita tetap sehat dan bugar dalam menghadapi risiko kesehatan di kemudian hari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: