Dinas Perkim Kabupaten Tegal Targetkan Program RTLH Selesai

Dinas Perkim Kabupaten Tegal Targetkan Program RTLH Selesai

EVALUASI - Plt sekretaris Dinas Perkim memimpin rapat evaluasi percepatan Perbaikan RTLH.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Guna mengetahui progres terkini pelaksanaan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun Anggaran 2024. Yang dilaksanakan oleh penerima bantuan uang untuk perbaikan RTLHDinas Perkim Kabupaten Tegal menyelenggarakan rapat evaluasi progres pelaksanaan perbaikan RTLH.

Rapat evaluasi kali ini dihadiri tim teknis dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL)  yang dipandu oleh Plt Sekretaris Dinas Jeruri. 

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin memastikan program perbaikan RTLH ditargetkan selesai akhir Agustus 2024. 

BACA JUGA:Balita BGM dan BGT Dapat Bantuan

"Kalaupun ada yang tersisa, hal itu banyak disebabkan penerima bantuan mencari hari yang tepat untuk memugar rumahnya," ujarnya, Selasa (20/8/2024).

Dalam rapat tersebut, TFL dan tim teknis ditekankan agar melakukan pengawalan percepatan pelaksanaan serta dapat memberdayakan swadaya masyarakat penerima bantuan. Hal ini  guna  mempercepat pelaksanaan perbaikan rumah,  karena dana bantuan yang berupa uang sudah masuk ke rekening masing-masing penerima bantuan.

BACA JUGA:Sosialisasi Bahayanya HIV/AIDS

Disisi lain, TFL juga harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan petunjuk pelaksanaannya, yaitu Peraturan Bupati Tegal No 84 Tahun 2023 dan melaksanakan tugas sesuai Surat Perjanjian Kerja (SPK ) yang telah ditandatangani. 

"Di kesempatan ini, semua TFL memaparkan foto-foto progres pelaksanaan perbaikan RTLH yang menjadi tanggung jawabnya dalam mengawal pelaksanaan pengerjaan perbaikan RTLH," ungkapnya.

Progres  pelaksanaan perbaikan RTLH bervariasi, ada yang sudah 100 % dan sebagian lagi masih dalam proses. Bagi penerima bantuan yang telah selesai dalam pelaksanaan perbaikan rumahnya, harus segera menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban atas penggunaan bantuan uang yang telah diterimanya.

BACA JUGA:SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal Fasilitasi Rekrutmen Agroindustri Kelapa Sawit

"Dengan dibantu dan didampingi oleh Tenaga Fasilitator Lapangan dalam membuat LPj tersebut," tegasnya.

Perbaikan RTLH tahun ini menyentuh 564 unit yang tersebar di 111 desa yang berada di 18 kecamatan. Di sini, TFL ditekankan agar dapat memberdayakan masyarakat penerima bantuan agar mempercepat pelaksanaan perbaikan rumah tempat tinggalnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: