Yayasan Galang Serahkan Beasiswa kepada 60 Siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal

Yayasan Galang Serahkan Beasiswa kepada 60 Siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal

PENYERAHAN BEASISWA - Yayasan Galang menyerahkan beasiswa kepada siswa SMAN 1 Kota Tegal usai Upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan SMAN 1 Kota Tegal.Foto:K Anam S/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Yayasan Galang SMA Negeri (SMAN) 1 Kota Tegal menyerahkan beasiswa untuk siswa SMAN 1 Kota Tegal yang berprestasi dan kondisinya kurang beruntung dalam momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Apabila tahun sebelumnya beasiswa diberikan untuk 50 siswa, jumlah beasiswa yang diserahkan tahun ini meningkat 10 menjadi untuk 60 siswa.

Beasiswa tersebut diserahkan setelah Upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilangsungkan di Lapangan SMAN 1 Kota Tegal, Jalan Tentara Pelajar. 

Setiap siswa memperoleh beasiswa Rp500.000 yang diserahkan Ketua Yayasan Galang Husein Affif (Angkatan 1970) yang diwakili Wakil Ketua Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto (Angkatan 1982), Sekretaris Dyanindra Srikumara, Wakil Sekretaris Iftitah Texiani, Bendahara Drs H Masfui Masduki MM (angkatan 1972) dan Wakil Bendahara Sri Mulyani.

BACA JUGA:Hari Jadi Provinsi Jateng, Pj Gubernur Lari Bareng Ribuan Warga di Salatiga

Yayasan Galang merupakan yayasan yang didirikan 1995 oleh sebelas guru dan dua alumni SMAN 1 Kota Tegal, yaitu Husein Affif dan Drs H Masfui Masduki MM. Yayasan Galang sudah berbadan hukum berdasarkan Akta Nomor 11 Tanggal 12 Oktober 2000 yang dibuat Notaris Yugiowatu Zubaedi Pribadi SH untuk jangka waktu 75 tahun. 

Seiring berjalannya waktu, untuk menindaklanjuti pengurus yang sudah tidak ada, dibuat pembaharuan Akta pada Oktober 2020. Yayasan Galang berdiri independen, tidak terkait dengan organisasi Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kota Tegal maupun paguyuban-paguyuban alumni angkatan lain. Saat ini, Yayasan Galang diketuai Husein Affif.

Wakil Ketua Yayasan Galang Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto mengatakan, beasiswa yang diberikan ini sebagai wujud perhatian dari Yayasan Galang untuk siswa SMAN 1 Kota Tegal. Beasiswa diserahkan bertepatan dengan momen Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia agar siswa mengingat kemerdekaan diraih dengan mengorbankan jiawa dan raga. 

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Adakan Aneka Lomba Pitulasan

“Kami berharap para siswa bisa menjadi generasi penerus yang siap menerima tongkat estafet kepemimpinan. Jadilah generasi muda yang mempunyai karakter, spirit, dan kualitas,” ucap Bambang.

Bendahara Yayasan Galang Drs H Masfui Masduki MM menambahkan, dirinya bersyukur bisa mengkoordinir deposito dari para deposan yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan, salah satunya untuk memberikan apresiasi kepada siswa SMA Negeri 1 Kota Tegal dalam bentuk beasiswa. Masfui berharap program ini bisa terus berlanjut. 

“Jangan sampai program ini mandeg. Karena deposito itu bukan milik Yayasan Galang, namun para deposan yang dikoordinir Yayasan Galang,” ungkap Masfui.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Terima Penghargaan dari WOW

Kepala SMA Negeri 1 Kota Tegal Dra Rosa Herawati MPd mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Galang yang telah konsisten memberikan beasiswa, yang kali ini jumlahnya meningkat menjadi untuk 60 siswa SMAN 1 Kota Tegal. “Saya yang jelas mengucapkan terima kasih. Beasiswa ini dapat menjadi penyemangat bagi anak-anak kami,” ujar Rosa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: