5 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi

5 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi

Simak 5 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi-Tangkapan layar diswayjateng.id-

3. Tolak akses kontak

Salah satu cara agar data tidak disebar oleh pinjol, dengan menolak akses aplikasi. Pinjaman online hanya bisa diakses secara online melalui ponsel.

Pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab selalu melakukan peretasan informasi pribadi peminjam yang ada di ponsel sebagai senjata utama dalam melakukan penagihan.

Padahal, pinjol legal hanya diizinkan mengakses mikrofon, kamera, dan lokasi/GPS.Guna menghindari risiko itu, kamu perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol.

Pemblokiran ini bisa dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi di ponselmu. Pemutusan akses dapat mencegah pinjol mengintip data pribadimu yang tersebar dalam ponsel. 

4. Pembayaran pinjaman tepat waktu

Fintech ilegal umumnya menjalankan aksi teror dan ancaman karena peminjam tidak melakukan pengembalian pinjaman sesuai ketentuan jatuh tempo.

Karena itu, membayar cicilan secara tepat waktu menjadi cara agar data tidak disebar oleh pinjol. Sebelum melakukan peminjaman, kamu harus mengetahui legalitas dan memahami kerja pinjol, termasuk konsekuensinya.

Lebih baik menghindari pinjol bila merasa tidak sanggup mencicil tagihan kewajiban secara konsisten. Namun, jika sudah terlanjur meminjam, segera lunasi pinjaman dan uninstall aplikasi pinjol dari ponsel.

5. Tingkatkan literasi keuangan

Tingkat literasi keuangan masyarakat yang rendah memicu maraknya penipuan akibat pinjol ilegal. Pinjol ilegal umumnya menawarkan pinjaman online yang dapat ditarik dalam hitungan menit.

Masyarakat  yang tergiur dengan pinjol tanpa mengetahui legalitasnya dapat menjadi korban selanjutnya.

Memperbanyak literasi keuangan dapat dimulai dengan mengikuti seminar hingga memperkenalkan jenis transaksi keuangan sejak dini.

Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkan membedakan antara aplikasi pinjaman online legal dengan yang ilegal. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih hak dan kewajiban sebagai pengguna jasa pinjaman online.

BACA JUGA:8 Pinjol Legal Cepat Cair, Praktis dan Efisien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: