4 Tips Hapus Data KTP di Pinjaman Online Paling Efektif

4 Tips Hapus Data KTP di Pinjaman Online Paling Efektif

tips hapus data KTP di pinjaman online --foto okezone

DISWAY JATENG.ID - Data KTP merupakan hal penting yang harus dijaga oleh pengguna pinjol alias pinjaman online. Dengan mengetahui tips hapus data KTP di pinjaman online atau pinjol kalian bisa bebas dari berbagai risiko yang akan di alaminya. 

Seringkali pinjaman online dijadikan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah finansial secara cepat dan mudah hanya bermodalkan KTP. Namun, menjadi sebuah pertanyaan mengenai bagaimana tips hapus data KTP di pinjaman online tersebut.

Pasalnya jika data pribadi seperti KTP berada ditangan yang salah, maka bisa saja menjadi tindakan kriminal. Sebab itu, tips hapus data KTP di pinjol alias pinjaman online menjadi hal yang penting untuk kalian lakukan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

Semakin banyaknya penggunaan pinjaman online atau pinjol yang ada di Indonesia seringkali menyebabkan tersebarnya data pribadi masyarakat yang disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, perlu ketahui tips hapus data KTP di pinjaman online berikut ini. 

BACA JUGA:Tanpa Ganti Kartu SIM, Begini 5 Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online

Tips Hapus Data KTP di Pinjaman Online 

Berikut beberapa cara efektif yang bisa kalian coba dan terapkan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut: 

1. Menghapus Data, Akun, dan Aplikasi Pinjaman

Tips hapus data KTP di pinjol alias pinjaman online yaitu dengan menghapus data, akun, dan aplikasi pinjaman online tersebut. Pada setiap aplikasi pinjaman online memiliki langkah yang berbeda-beda. Namun, langkah umum yang bisa dilakukan oleh masyarakat yaitu menghapus data, cache dan cookies pada aplikasi pinjaman. Selanjutnya, masyarakat bisa menghapus akun secara permanen pada aplikasi pinjaman online. Kemudian, masyarakat juga harus menghapus aplikasi dari pinjaman online tersebut.

2. Melunasi Seluruh Pinjaman 

Tips hapus data KTP di pinjaman online atau pinjol berikutnya yaitu dengan memastikan bahwa seluruh pinjaman yang dilakukan sudah terlunasi dengan baik. Selain itu, masyarakat harus memastikan bahwa tidak sedang melakukan peminjaman kembali pada jasa pinjaman online tersebut.

BACA JUGA:5 Cara Menghapus Data KTP di Aplikasi Pinjol Tanpa Ganti Kartu SIM Terbaru 2024, Dijamin Ampuh

Sehingga ketika masyarakat mendapatkan tagihan dari perusahaan pinjaman online tersebut. Masyarakat bisa melampirkan bukti pelunasan pinjaman yang dilakukan. Maka ketika perusahaan pinjaman online tersebut melakukan penagihan hingga jalur hukum, masyarakat juga bisa melampirkan bukti pelunasan.

3. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: