Tanpa Ganti Kartu SIM, Begini 5 Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online

Tanpa Ganti Kartu SIM, Begini 5 Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online

cara hapus data ktp dari pinjol --foto sampit

DISWAY JATENG - Data KTP yang masih berada di aplikasi pinjol rawan disalahgunakan seperti diperjualbelikan. Karena itu, kalian perlu mengetahui cara menghapus data KTP di pinjol tanpa perlu mengganti kartu SIM.

Cara menghapus data KTP di pinjol alias pinjaman online penting untuk menjaga keamanan privasi kalian. Apabila tidak segera dihapus dari aplikasi pinjaman online, maka akan berisiko terjadi berbagai kerugian salah satunya penyebaran data dan data disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Karena itu, jika kalian sudah menggunakan pinjaman online pastikan untuk melunasi utang dan segera data dihapus. Berikut ada beberapa cara menghapus data KTP di pinjol agar aman dari berbagai kerugian. 

Setelah kalian melunasi utang di pinjaman online, maka langkah berikutnya yaitu menghapus semua data di aplikasi pinjaman online. Cara menghapus data KTP di pinjol dapat menjamin keamanan pengguna dari berbagai risiko penyalahgunaan data. 

BACA JUGA:Segera Lindungi Data Anda, Berikut 5 Cara Hapus Data KTP di Pinjol Ilegal yang Bikin Resah

Tips ampuh ini bukan untuk berniat melarikan dari kewajiban bayar ke pinjaman online legal yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jangan sampai utang kalian di pinjol legal yang belum lunas sengaja tidak dilunasi karena berisiko diblokir melalui BI checking atau SLIK OJK.

Apabila suatu saat kalian membutuhkan pinjaman kredit lagi dari pinjaman online legal yang lain maka akan ditolak karena penilaian sudah terlanjur buruk di BI checking atau SLIK OJK.

Lain halnya dengan pinjaman online ilegal yang memang harus dihindari dan wajib dihapus data KTP kalian dari aplikasinya.

Simak 5 cara menghapus data KTP di aplikasi pinjaman online tanpa ganti kartu SIM yang dijamin ampuh, sebagai berikut: 

1. Uninstall atau menghapus aplikasi pinjaman online 

Tekan lama aplikasi pinjaman online dan akan muncul pilihan, seperti ‘bagikan, hapus, copot pemasangan, dan detail aplikasi’. Pilih ‘Copot Pemasangan’.

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Menghapus Data KTP di Aplikasi Pinjol Tanpa Ganti Kartu SIM Terbaru 2024

2. Menghapus seluruh kontak di HP

Menghapus seluruh kontak di HP memang merepotkan, namun setidaknya kalian telah menyelamatkan diri sendiri dan orang lain dari teror penipu. Pasalnya seluruh kontak di HP kalian akan dengan mudah disalin oleh aplikasi pinjaman online sejak kalian mengisi data dan menyetujui meminjam uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: