Tips Menghindari Denda Pinjaman Dana

Tips Menghindari Denda Pinjaman Dana

Tips Menghindari Denda Pinjaman Dana Dan Ketahui Akibatnya-Tangkapan layar diswayjateng.id-

4. Batasi Limit Pinjaman Dana

Pastikan untuk meminjam dana sesuai dengan kebutuhan, tidak lebih. Jika ingin meminjam dana lebih untuk berjaga-jaga, pertimbangkan dengan penghasilan yang didapat per bulan.

Pinjaman sebaiknya tidak lebih dari 30% pendapatan bersih Anda. Selain itu, jangan meminjam hanya untuk keperluan konsumtif yang hanya akan membebani tagihan di masa mendatang.

BACA JUGA:6 Langkah Mengatur Keuangan Setelah Mendapat Pinjaman Online

5. Perhatikan Tingkat Suku Bunga

Saat mengajukan pinjaman dana, penting untuk memperhatikan dan mengecek besaran bunganya. Bunga pinjaman merupakan hal krusial yang sangat berpengaruh pada jumlah pelunasan.

Lakukan perbandingan bunga dari satu platform dengan platform lainnya. Pilih perusahaan fintech pendanaan dengan tingkat kredibilitas bunga yang baik.

Akibat Menunda Pembayaran Pinjaman Dana

1. Jumlah Pinjaman Dana Membengkak

Jika Anda mengajukan pinjaman dana ke fintech pendanaan, maka akan dikenakan bunga dengan batasan 0,8% saja. Jika terlambat dalam pengembalian, maka akan ada denda maksimal 100% dari pinjaman pokoknya.

Aturan ini berlaku untuk perusahaan fintech pendanaan legal yang diawasi oleh OJK. Tentunya, aturan ini tidak akan berlaku bagi pinjol ilegal. Maksimal bunga 0.8% per hari dan denda maksimal 100% dari pinjaman pokok bisa jadi tidak berlaku, dan bisa saja lebih tinggi.

Karena itu, pastikan Anda tidak menggunakan jasa pinjol ilegal. Selain bunga, keterlambatan pelunasan akan dikenakan denda. Semakin pelunasan ditunda, jumlah denda dan bunga akan terus diakumulasikan. Hal ini yang menyebabkan jumlah pinjaman kian bengkak jika tidak segera dilunasi.

2. Ancaman dan Intimidasi Penagih

Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia mengatur prosedur untuk penagihan yang terstruktur. Prosedur tersebut berlaku untuk mengawasi dan menyelesaikan masalah yang timbul akibat peminjam yang tidak tepat dari jadwal pelunasan cicilan.

Prosedurnya tetap dan jelas, Keterlambatan pertama, nasabah akan diingatkan melalui telepon atau pesan singkat. Namun, jika terus menolak dari panggilan tersebut, pihak platform akan mengirim tim agen penagihan yang juga sudah bersertifikat dan resmi untuk menagih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: