Terlilit Utang Pinjol? Ini 5 Solusi Galbay Pinjol yang Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

Terlilit Utang Pinjol? Ini 5 Solusi Galbay Pinjol yang Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

solusi galbay pinjol --foto okezone

Kalian bisa menyampaikan dengan jujur tentang ketidakmampuan kalian untuk membayar pinjaman. Dengan begitu, pinjaman online bisa mencari solusi yang sesuai. Komunikasi ini penting dilakukan untuk menghindari penagihan oleh debt collector yang bisa membuat situasi menjadi tidak nyaman.

4. Lapor ke Instansi Terkait 

Salah satu konsekuensi dari gagal bayar pinjol yaitu terjadi penagihan yang tidak menyenangkan. Bahkan tak jarang pihak pinjol memakai jasa debt collector untuk menagih debitur yang gagal bayar.

Namun, apabila proses penagihan melibatkan ancaman, pelecehan, intimidasi, atau tindakan yang tidak etis lainnya, kalian bisa melaporkan pihak pinjol kepada pihak berwenang seperti pihak kepolisian, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk tindakan lebih lanjut.

BACA JUGA:Pahami 4 Solusi Galbay Pinjol yang Aman dan Bebas dari Kejaran Debt Collector

5. Minta Keringanan Bunga 

Bunga pinjaman yang tinggi seringkali mencekik para peminjam pinjol. Karena itu, salah satu langkah untuk mengatasi kesulitan membayar pinjaman online yaitu dengan mengajukan permohonan keringanan bunga. Dengan pengajuan penurunan bunga ini, maka beban pembayaran pinjol bisa sedikit berkurang dan kalian bisa melunasi pinjaman dengan lebih ringan dan lebih cepat.

Selain mengetahui beragam solusi ketika menghadapi gagal bayar pinjol, lebih baik kalian mencegah hal itu terjadi di masa depan. Untuk itu, penting untuk merencanakan anggaran dengan bijak, di antaranya dengan menjadikan pembayaran pinjaman sebagai prioritas utama dalam anggaran.

Kemudian kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan fokus pada kebutuhan dasar sampai kalian bisa mengatasi utang kalian. Selanjutnya buat rencana keuangan jangka panjang yang mencakup pengelolaan utang dan tabungan.

Itulah beberapa informasi seputar solusi galbay pinjol yang bisa kalian gunakan dan terapkan agar terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. Semoga bermanfaat. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: