6 Cara Mengatasi KTP Disalahgunakan Pinjol, Gak Perlu Panik

6 Cara Mengatasi KTP Disalahgunakan Pinjol, Gak Perlu Panik

Cara mengatasi KTP disalahgunakan pinjol--

4. Laporkan ke OJK agar Diblokir

KTP disalahgunakan pinjol bisa diatasi dengan melaporkan ke OJK. Anda bisa memblokir KTP yang sudah terdaftar di platfrom pinjaman online.

BACA JUGA: Bahaya Pinjaman di Pinjol Tanpa KTP, Pahami Sebelum Mengajukan Utang

Masyarakat dapat melaporkan ke OJK dengan membuat aduan ke alamat [email protected] atau menelepon saluran resmi OJK di 157. Jika perlu sertakan bukti pendukung agar laporan Anda mudah untuk diproses.

5. Lapor Polisi

Apabila pinjol menyalahgunakan data Anda sebaiknya laporkan saja ke polisi. Anda bisa melaporkannya ke polisi supaya pihak pinjol mendapatkan efek jera sesuai sesuai hukum berlaku.

Sertakan bukti-buktinya seperti bukti peminjaman yang tidak sah, notifikasi, atau informasi apapun yang berkaitan dengan penyalahgunaan data KTP. Cara ini efektif untuk menghentikan pinjol mencuri atau menyalahgunakan data.

Cara ini masih ampuh untuk melaporkan tindak penipuan, pencurian data juga kejahatan siber yang Anda alami. Di tiap media massa memiliki kolom surat pembaca yang dikhususkan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengaduan. 

BACA JUGA: 5 Alternatif Pinjol Tanpa KTP dan Verifikasi Wajah, Mudah dan Dijamin Pasti Cair

6. Blokir Data Lewat Dukcapil

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan berikutnya, yakni hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat dan menginformasikan tentang penyalahgunaan KTP Anda.

Setelah itu, Anda bisa meminta agar KTP yang dicatat oleh pinjol diblokir agar tidak disalahgunakan. Cara ini efektif dilakukan supaya Anda mendapatkan perlindungan dari penyalahgunaan data.

Setiap orang yang merasa tidak pernah mengajukan pinjaman uang di pinjol harus waspada. Pasalnya KTP bisa saja dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Itulah beberapa cara mengatasi KTP yang disalahgunakan oleh pinjol. Dengan langkah-langkah di atas Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan terhindar dari berbagai kerugian.

BACA JUGA: Layanan Pinjol Tanpa KTP dan Verifikasi Wajah Cair Anti Ribet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: