Ketahui 6 Tips Menjaga BI Checking Agar Tetap Aman

Ketahui 6 Tips Menjaga BI Checking Agar Tetap Aman

tips menjaga bi checking agar tetap aman --foto akseleran

Rata-rata fasilitas pinjaman ataupun fasilitas kredit yang disediakan bank atau lembaga pembiayaan lainnya umumnya sudah diketahui masyarakat. Mulai dari KTA, KPR, atau KKB. 

4. Ambil Kredit sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Bayar

Kalau tidak butuh, buat apa diambil? Apalagi jauh dari kemampuan bayar? Yang ada malah menciptakan masalah kredit macet alias gagal bayar. Jadi, pertimbangkan apakah benar-benar membutuhkan dua kartu kredit? Atau mesti mengambil kredit Alphard? Sadari sampai batas mana kemampuan bayar kalian. Jangan demi gengsi, kalian sampai mencetak utang yang banyak.

5. Sebisa Mungkin Hindari Minimum Payment Kartu Kredit

Menggunakan opsi minimum pembayaran atau minimum payment untuk membayar tagihan kartu kredit boleh-boleh saja. Asalkan siap menanggung konsekuensinya yaitu jeleknya BI Checking. Bagaimana bisa? Tidak ada jaminan jika utang kalian tidak akan menumpuk sehingga mengakibatkan kalian kesulitan membayar tagihan kartu kredit alias menunggak.

BACA JUGA:Cek Segera, Berapa Lama BI Checking Bersih Setelah Pelunasan? Simak Penjelasan Lengkap Berikut Ini

6. Bayar Cicilan Sebelum Jatuh Tempo hingga Lunas

Tips menjaga BI checking agar tetap aman berikutnya yaitu bayar cicilan sebelum jatuh tempo hingga lunas. Telatnya membayar cicilan kredit sampai menunggak merupakan akar persoalan kenapa BI Checking dinilai buruk hingga dimasukkan ke dalam Blacklist BI Checking. Itulah sebabnya penting untuk selalu mengingat dan membayar cicilan kredit sebelum jatuh tempo.

Cara Menjaga Score Credit

1. Memiliki Penghasilan Tambahan

Cobalah untuk menambah penghasilan, dengan pekerjaan sampingan yang bersifat freelance, supir taksi yang bersepeda, toko online yang berjualan, dan pekerjaan lainnya. Aspek yang paling penting adalah dapat melunasi hutang dan tetap memenuhi kewajiban harian. Jangankan keinginan yang masih bisa ditunda.

BACA JUGA:9 Alternatif Pinjol Tanpa BI Checking Pasti Cair yang Legal dan Terdaftar di OJK

2. Gunakan Fitur Autodebet

Untuk menghindari keterlambatan pembayaran utang, gunakan debet langsung dari rekening. Akibatnya, kalian tidak perlu khawatir dengan mengingat lagi. Pastikan rekening memiliki cukup uang untuk membayar seluruh cicilan. Begitu praktis untuk melunasi pinjaman, saldo yang tersisa di rekening akan dikurangi secara otomatis.

3. Selalu Membayar Tagihan Tepat Waktu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: