Sebelum Ajukan, Ketahui 5 Tips Jitu Memilih Pinjol yang Aman agar Terhindar dari Penipuan

Sebelum Ajukan, Ketahui 5 Tips Jitu Memilih Pinjol yang Aman agar Terhindar dari Penipuan

tips memilih pinjol yang aman --foto antara news

Jika memang sudah terjebak dan terdesak dalam lingkaran pinjol, upayakan untuk cari bantuan pihak ketiga. Misal, jika ada barang yang bisa digadaikan, coba gadaikan ke tempat dengan bunga dan pinjaman yang lebih rendah, atau pinjam dari rekan-rekan yang masih bisa kita andalkan dengan bunga rendah atau tanpa bunga. Upaya ini tentunya perlu dilakukan agar kewajiban pinjol tidak makin menggunung dan membuat kalian makin terjebak dalam lingkaran setan pinjol.

4. Cek Kredibilitas Lembaga Pinjol

Tips memilih pinjol yang aman berikutnya yaitu harus mengecek apakah lembaga pinjol yang berurusan dengan kalian legal. Ini penting sebab Lembaga pinjol yang “liar” cenderung bertindak seenaknya dan bisa merugikan peminjam.  

BACA JUGA:7 Tips Memilih Pinjol Terpercaya yang Aman dan Terdaftar di OJK

Cara pengecekan bisa dengan menghubungi Kontak OJK 157 melalui nomor telepon 157 atau layanan whatsapp 081 157 157 157 untuk mengecek status izin penawaran produk jasa keuangan yang kalian terima.

5. Disiplin dalam Membayar

Bagaimana jika sudah terjerat dalam pinjol? Upayakan untuk disiplin dalam membayar, prioritaskan pembayaran pinjol tersebut dalam pengeluaran rutin kalian. Sebab pembayaran yang ditunda akan membuat kewajiban kita makin besar. Pastikan juga bahwa pinjaman yang diambil memang sifatnya pinjaman produktif atau kebutuhan mendesak. Artinya, pinjaman untuk menjalankan usaha atau menghasilkan pendapatan. Jangan gunakan dana pinjaman pinjol untuk konsumsi atau sekedar meningkatkan gaya hidup serta penampilan.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai tips memilih pinjaman online yang aman yang bisa kalian gunakan dan lakukan agar terhindar dari berbagai risiko yang merugikan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: