Begini Cara Efektif Menghindari Joki Pinjol, Berikut Cara Kerjanya yang Perlu Dipahami

Begini Cara Efektif Menghindari Joki Pinjol, Berikut Cara Kerjanya yang Perlu Dipahami

cara menghindari joki pinjol --foto obsession news

DISWAY JATENG - Ada beberapa risiko dan modus yang penting diperhatikan ketika ditawari oleh jasa joki pinjol. Karena itu, perlu ketahui cara menghindari joki pinjol yang merugikan. Modus berbahaya tersebut bisa bisa berdampak buruk. 

Terkadang, situasi keuangan yang mendesak membuat banyak orang terburu-buru dan tergoda untuk segara memanfaatkan tawaran pinjaman online tersebut tanpa mempertimbangkan risikonya. Maka dari itu, cara menghindari joki pinjol perlu kalian perhatikan agar tidak merasa dirugikan. 

Tawaran jasa joki pinjol telah merajalela di berbagai platfrom internet. Dengan upaya promosi yang gigih, mereka menawarkan jasa lewat media sosial maupun pesan pribadi. Dengan ini, cara menghindari joki pinjol menjadi solusi tepatnya. 

Pada artikel kali ini, telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai cara menghindari joki pinjol yang bisa kalian lakukan untuk menghindari risiko kerugian. 

BACA JUGA:Awas Modus Joki Pinjol, Ini 4 Bahaya Menggunakan Jasa Joki Pinjol yang Perlu Dipahami

 

1. Meminta Mediasi dari OJK

Cara menghindari joki pinjol yaitu dengan meminta mediasi dari OJK. Apabila pihak penyedia pinjaman bank maupun non–bank tersebut tidak bersedia memberikan keringanan apapun, kalian bisa meminta bantuan dari pihak OJK. Pengawas lembaga keuangan ini bisa membantu untuk memediasi dengan platform pinjol maupun P2P hingga mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

OJK merupakan lembaga independen yang mempunyai kuasa dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam operasional platform jasa keuangan. Terlebih bila hal tersebut berkaitan langsung dengan konsumen. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi kantor OJK terdekat untuk meminta pendampingan.

2. Menghubungi Platform Jasa Keuangan

Cara menghindari joki pinjol berikutnya yaitu dengan menghubungi langsung platform pinjaman online atau P2P di mana kalian kesulitan melakukan pembayaran tagihan. Sampaikan situasi kalian dan ajukan restrukturisasi pembayaran atau penjadwalan ulang tenor untuk meringankan beban pembayaran sesuai kemampuan.

Biasanya, jika tidak bisa restrukturisasi atau reschedule, pihak penyelenggara pinjaman akan menawarkan potongan diskon pelunasan total atau penghapusan denda. Sehingga kalian cukup membayar pokok pinjaman.

BACA JUGA:Bahaya Joki Pinjol, Ini 4 Cara Menghindari Modus Joki Pinjol yang Perlu Diwaspadai

Cara Kerja Joki Pinjol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: