Tidak Tahu Fungsi NFC? Berikut 6 Fungsi NFC pada HP yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak Tahu Fungsi NFC? Berikut 6 Fungsi NFC pada HP yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat fitur NFC pada HP-Bhinneka-

DISWAYJATENG - Near Field Communication (NFC) telah menjadi fitur yang wajib ada pada banyak HP modern saat ini. Artikel ini akan membahas apa saja fungsi NFC pada HP.

Teknologi NFC menawarkan berbagai kemudahan dalam aktivitas sehari-hari. Fungsi NFC pada HP salah satunya mulai dari transaksi keuangan hingga kontrol perangkat rumah pintar.

Tidak semua HP memiliki Fitur NFC, hanya HP rilisan terbaru saja yang hampir semuanya memiliki fitur ini. Fungsi NFC pada HP ini jauh lebih baik ketimbang Bluetooth saat mengirim data atau file.

Bagi kamu yang baru membeli HP dengan fitur NFC dan tidak tahu apa saja fungsi NFC pada HP, kamu bisa baca artikel ini sampai selesai agar kamu tahu apa saja manfaat dari NFC.

BACA JUGA:Baca ini Dulu Sebelum Menjual HP, Berikut 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual HP

Fungsi NFC pada ponsel

1. Transfer Data Antar Perangkat

fungsi NFC pada HP dapat digunakan untuk mentransfer data antar perangkat, mirip dengan Bluetooth. NFC juga dapat menghubungkan HP dengan kamera, perangkat audio, printer, dan laptop.

Jenis file yang dapat ditransfer beragam, mulai dari foto, video, dokumen, kontak, hingga aplikasi. Untuk menggunakan fitur ini, HP perlu memiliki Android Beam, yang umumnya tersedia pada perangkat Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas.

2. Transaksi Digital Tanpa Kontak

Fungsi NFC pada HP memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi digital tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu fisik. Cukup dengan menempelkan HP pada mesin sensor NFC, transaksi dapat diselesaikan dalam hitungan detik. Metode pembayaran ini semakin populer di berbagai toko ritel, restoran, dan tempat umum lainnya, menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.

BACA JUGA:Berikut ini 7 Spesifikasi HP Tecno Pova 6, HP Gaming dengan Teknologi SuperCooled System 1.0

3. Kontrol Perangkat Rumah Pintar

Integrasi NFC dengan aplikasi dan perangkat rumah pintar membuka berbagai kemungkinan baru dalam otomatisasi rumah. Perangkat yang dilengkapi dengan asisten suara seperti Google Assistant, Apple HomKit, atau Samsung Bixby kini dapat dikontrol menggunakan tag NFC. Pengguna dapat mengatur berbagai automasi rumah hanya dengan menempelkan HP mereka pada tag NFC yang telah diprogram sebelumnya.

4. Top Up dan Cek Saldo E-Money

Salah satu fungsi NFC yang paling populer adalah kemampuannya untuk melakukan top up dan cek saldo e-money. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna transportasi umum seperti Commuterline, MRT, dan TransJakarta, serta para pengguna jalan tol. Beberapa HP memiliki aplikasi bawaan untuk fungsi ini, namun pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi e-wallet pihak ketiga yang mendukung NFC untuk melakukan top up atau cek saldo e-money.

BACA JUGA:9 Merek HP Paling Populer di Indonesia untuk Bulan Mei 2024 Berdasarkan Respon di Sosial Media

5. Kunci Digital

NFC juga dapat berfungsi sebagai kunci digital untuk rumah, hotel, atau kantor. Dengan menggunakan smart lock yang kompatibel dengan NFC, pengguna dapat menyimpan kunci digital pada HP mereka. Hal ini tidak hanya meningkatkan keamanan, tetapi juga menawarkan kenyamanan karena pengguna tidak perlu lagi membawa kunci fisik.

6. Pengisian Daya Nirkabel

Perkembangan terbaru dalam teknologi NFC memungkinkan penggunaannya untuk mengisi daya HP secara nirkabel.

Meskipun fitur ini masih terbatas pada beberapa model tertentu, pengisian daya melalui NFC menawarkan fleksibilitas tambahan bagi pengguna. Untuk memanfaatkan fitur ini, diperlukan wireless charger atau power bank yang kompatibel dengan NFC.

Perlu diperhatikan bahwa untuk menggunakan fitur NFC, HP memerlukan koneksi internet atau Wi-Fi untuk menghubungkan perangkat dengan layanan yang diperlukan. Selain itu, tidak semua HP dilengkapi dengan teknologi NFC. Bagi yang tertarik menggunakan fitur ini, disarankan untuk memilih HP yang sudah mendukung NFC.

Itu dia beberapa fungsi NFC pada HP yang wajib kamu ketahui. Dengan berkembangnya teknologi NFC, kita dapat melihat bagaimana sebuah fitur sederhana dapat memberikan dampak besar pada cara kita berinteraksi dengan dunia digital.

Dari memudahkan transaksi keuangan hingga mengontrol perangkat rumah pintar, NFC telah menjadi bagian integral dari ekosistem teknologi modern.

Walaupun NFC memberikan banyak manfaat, pengguna tetap perlu memperhatikan aspek keamanan. Pastikan untuk mengaktifkan fitur NFC hanya saat diperlukan dan selalu waspada terhadap potensi penyalahgunaan teknologi ini oleh pihak yang tidak bertanggung jawab(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: