Sobat Ikan, Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Pembudidaya Ikan Kabupaten Pemalang

Sobat Ikan, Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Pembudidaya Ikan Kabupaten Pemalang

MELAUNCHING - Perwakilan dari KKP Wiwik Fitrianingsih memukul gong sebagai tanda diresmikannya Kampung Ikan. --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Untuk mendorong pengembangan usaha perikanan di Kabupaten Pemalang, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang Era Srinaeni rupanya mempunyai ide gagasan yang cemerlang. Yaitu program Sobat Ikan, merupakan strategi optimalisasi pengelolaan budidaya Ikan untuk meningkatkan kesejahteraan pembudidaya melalui Kampung Ikan di Kabupaten Pemalang.

Program Sobat Ikan ini, Era Srinaeni mencoba melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Pemalang. Daerah yang berada di Pesisir Pantura ini, memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat besar sepanjang 35 km garis pantai, yang meliputi pembudidaya ada 2.793 orang, pelaku usaha perikanan ada 17.186 orang., luas lahan budidaya air payau ada 2.179 hektare dan budidaya air tawar ada 28.065 hektare.

BACA JUGA:Monitoring Pecepatan Penyaluran Bantuan Rehab RTLH di Kabupaten Tegal

Dalam mengembangkan program Sobat Ikan ini, sebagai pusat kegiatannya adanya Kampung Ikan. Dimana kampung ikan ini suatu kawasan yang berbasis komoditas unggulan dan atau komoditas lokal dengan mengsinergikan berbagai potensi untuk mendorong berkembangnya usaha perikanan. Baik budidaya ikan, penangkapan ikan maupun pengolahan hasil perikanan yang berdaya saing dan berkelanjutan.

Menurutnya, tujuan yang akan dicapai dalam proyek perubahan ini yaitu untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perikanan. Disamping itu, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya ikan, serta mengembangkan komoditas unggulan. 

BACA JUGA:Pembahasan Kebutuhan Bahan Baku IKM di Kabupaten Tegal

Proyek Perubahan ini, diharapkan mempunyai manfaat ekonomis untuk para pembudidaya, pelaku usaha perikanan dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pemalang

"Melalui kampung ikan diharapkan mampu mengurangi permasalahan pembudidaya dengan mengintegrasikan, berkolaborasi semua pihak dari hulu hingga hilir,"katanya, kepada Radar Tegal, kemarin.

Kampung ikan disini, berfungsi sebagai sentra perikanan yang terpadu yang mampu mengimplementasi dan mengintegrasikan sektor sektor terkait, terbentuknya hilirisasi hasil perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan khususnya pembudidaya ikan.

BACA JUGA:Personel Satpol PP Kabupaten Tegal Diperiksa Kesehatannya

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga telah melaunching kampung ikan di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

Launching ditandai dengan pemukulan gong oleh perwakilan dari KKP Wiwik Fitrianingsih selaku Ketua Tim Kerja Pembinaan Unit Penanganan dan Pengolahan Industri Mikro Kecil, di TPI Mojo.

BACA JUGA:Dukung Program Indonesia Mendengar, Serahkan Alat Bantu Dengar

Wiwik Fitrianingsih mengungkapkan, tujuan pembangunan kampung perikanan budi daya ini, untuk meningkatkan sisi produksi perikanan, keberlanjutan usaha hingga pada akhirnya akan berdampak pada keuntungan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: