Puskesmas Warureja Sinergi dengan Pemdes Banjarturi Kabupaten Tegal Adakan P4K

Puskesmas Warureja Sinergi dengan Pemdes Banjarturi Kabupaten Tegal Adakan P4K

RAKOR - Sejumlah warga mengikuti kegiatan rakor dan MMD di Balai Desa Banjarturi, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Puskesmas Warureja yang bersinergi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Banjarturi, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. Menggelar Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Kegiatan ini berlangsung di Balaidesa Banjarturi.

Hadir dalam acara tersebut, kepala desa Banjarturi, perangkat desa, perwakilan BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus RT, RW dan perwakilan kader kesehatan.

BACA JUGA:Pemberian ASI Eksklusif melalui BKB

Adapun narasumbernya, Bidan Penyelia Gol IIId Kusniyati STr Keb dengan materi P4K, Bidan Penyelia Gol IIIc Mei Hidayati STr Keb dengan materi panduan bank darah desa dan donor darah. Kemudian Penyuluh Kesehatan Masyarakat Dina Mila Aulia, SKM dengan materi Profil Kesehatan Desa Banjarturi dan Integrasi Layanan Primer (ILP) posyandu.

"Ini adalah kegiatan Musyawarah Kesehatan Desa (MMD). Selain membahas soal P4K, juga untuk memantau ibu hamil berisiko tinggi," kata Kepala Tata Usaha Puskesmas Warureja Muhammad Fauzi SKM.

BACA JUGA:Puskesmas Tegal Timur Adakan Pelatihan Pengolahan Pemberian Makanan Tambahan

Dia menjelaskan, tujuan rakor tersebut untuk meningkatkan pelayanan pada lansia. Rencananya juga akan mendirikan Posyandu Lansia.

MMD ini juga untuk penanganan kasus darurat seperti bumil resti dengan pembiayaan atau pengajuan KIS kasuistik.

"Kita juga memberikan pelatihan kepada 25 Kompetensi Kader dengan Anggaran Desa tahun 2025 dan penanganan sampah," sambungnya.

BACA JUGA:Gandeng Lapas, PKBM Sakila Kerti Siap Latih dan Didik Warga Binaan Pemasyarakatan

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat terjalin kerjasama yang baik antara Pemdes, masyarakat dan puskesmas dalam menangani masalah kesehatan di wilayah Desa Banjarturi.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat," tukasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: