Tempat Wisata Unik di Purwokerto

Tempat Wisata Unik di Purwokerto

Tempat wisata unik Purwokerto-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Kota Purwokerto terletak di bagian selatan Gunung Slamet, Banyumas, Jawa Tengah. Purwokerto adalah tempat yang sempurna untuk merasakan keindahan alam yang memukau. Dari pegunungan hijau hingga air terjun yang menakjubkan, Dengan menawarkan banyak tempat wisata unik Purwokerto yang sayang untuk dilewatkan.

Purwokerto adalah kota yang selalu memiliki daya tarik, salah satunya pada wisata alamnya. Tempat wisata unik Purwokerto yang membuat liburan kamu semakin seru dan menyenangkan.

Kota Purwokerto di Jawa Tengah ini juga memiliki segudang keindahan tempat wisata yang unik. Tidak jarang konten tempat wisata unik Purwokerto banyak yang masuk FYP, sehingga membuat wisatawan semakin penasaran ingin mengeksplorasi kota ini.

Apakah kamu sudah pernah ke Kota ini? Jika belum, maka ulasan ini akan mengenal lebih jauh tentang salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki keindahan tempat wisata unik Purwokerto yang luar biasa. 

Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA: 10 Kafe Hits di Purwokerto, Jangan Ngaku Anak Kopi Kalau Belum Kunjungi Tempat Ini

Berikut ini tempat wisata unik Purwokerto yang wajib dikunjungi :

1.Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah sebuah danau alami yang terletak di Desa Karanggintung, Kecamatan Bukateja, Purwokerto. Nama "Telaga Sunyi" sendiri sudah menggambarkan suasana yang akan kamu temukan di tempat ini.

Danau ini adalah destinasi yang sempurna jika kamu ingin melarikan diri dari keramaian kota dan menikmati ketenangan alam.  Saat kamu tiba di Telaga Sunyi, kamu akan langsung terpesona oleh keindahan alam sekitarnya. Danau ini dikelilingi oleh hutan pinus yang rindang, menciptakan suasana yang tenang dan tenteram.

Suara angin yang berdesir di antara pepohonan akan membuatmu merasa seperti berada di surga alam. Kamu juga bisa menikmati perahu dayung di atas udara atau hanya duduk bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang indah.

Alamat: Sawah & Hutan, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53183. Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang.

2. Goa Lawa

Wisata alam di Purwokerto lainnya yang bisa kamu coba kunjungi adalah Goa Lawa. Gua ini merupakan gua alam yang terkenal di Purwokerto. Di dalam gua ini, kamu akan menemukan formasi batu yang unik dan stalaktit yang menakjubkan.

Saat kamu memasuki Goa Lawa, kamu akan merasakan suasana yang misterius dan menegangkan.  Gua ini memiliki lorong-lorong yang gelap dan terjal, serta terdapat formasi batu yang unik dan stalaktit yang menjulang dari langit-langit gua.

Formasi-formasi ini akan membuat Anda merasa seakan-akan berada di dunia bawah tanah yang ajaib. Jelajahi kegelapan gua ini dan rasakan petualangan yang seru. Jangan lupa membawa senter dan pemandu jika kamu belum familiar dengan gua ini.

Alamat: Desa Sirawak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang.

3. Curug Cipendok

Curug Cipendok yang terletak di Desa Pengadegan, Kecamatan Baturraden, Purwokerto. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan terletak di tengah hutan yang lebat. Namanya sendiri berasal dari bahasa Jawa, di mana "Curug" berarti air terjun, dan "Cipendok" adalah nama daerah setempat.

Saat kamu tiba di Curug Cipendok, kamu akan disambut oleh suara gemuruh udara yang jatuh dengan indah ke kolam yang tenang. Pemandangan ini sangat menakjubkan dan menjadi tempat yang sempurna untuk melepaskan penat dan merenung.

Alamat: Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53162. Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang.

BACA JUGA: 21 Makanan Khas Purwokerto yang Wajib Kamu Cobain Saat Berkunjung! Cita Rasanya Menggoda

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang terletak di Kecamatan Baturraden, Purwokerto. Namanya sendiri sudah mencirikan fenomena alam yang menakjubkan di tempat ini. "Kawah" mengacu pada sebuah lubang raksasa yang terbentuk oleh aktivitas geologi, sementara "Sikidang" berarti "kawah kecil" dalam bahasa Jawa. Nama ini sesuai dengan kenyataan bahwa Kawah Sikidang adalah salah satu kawah yang aktif di Jawa Tengah.

Apa yang membuat Kawah Sikidang sangat menarik adalah aktivitas geologinya yang unik. Kamu akan melihat gelembung belerang naik ke permukaan dari dalam tanah dan terkadang bahkan meletus. Ini menciptakan pemandangan yang benar-benar eksotis, dengan asap putih yang keluar dari kawah-kawah kecil ini.

Alamat: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456. Harga Tiket Masuk: Rp 30.000 per orang.

5.Gunung Slamet

Toppers, jika kamu adalah penggemar pendakian gunung dan ingin menguji dirimu dalam sebuah petualangan alam yang menakjubkan, Gunung Slamet adalah destinasi yang sempurna untukmu. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dan terletak di Provinsi Jawa Tengah. 

Alamat : Banyumas, Purwokerto. Harga Tiket Masuk: Rp15.000 per orang.

6. Baturaden

Ketika kamu berada di Purwokerto, salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Baturraden. Baturraden adalah sebuah wisata kompleks yang terletak di Kecamatan Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah.

Tempat ini menawarkan berbagai pemandangan alam yang indah dan beragam aktivitas seru untuk dinikmati. Mulai dari Waduh Baturraden, Kolam Renang Tirta Mulya, Curug Silawe, Kebun Raya Baturraden, dan masih banyak lagi.

Alamat: Baturaden, Purwokerto. Harga Tiket Masuk: Rp5.000 per orang.

BACA JUGA: Review Menarik Tempe Mendoan Khas Purwokerto; Sensasi Rasa yang Khas Tiada Tara

7. Curug Gomblang

Wisata alam Purwokerto lainnya yang bisa kamu coba adalah Curug Gomblang. Air terjun yang memukau ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Air terjun ini terletak di Desa Gomblang, Kecamatan Karangreja, Purwokerto.

Saat kamu mengunjungi Curug Gomblang, kamu akan disambut oleh keindahan alam yang mempesona, hutan yang lebat, serta suasana yang begitu damai.  Jika ingin mencapai Curug Gomblang, kamu harus melewati perjalanan pendakian yang menantang, tapi jangan khawatir, usaha yang kamu keluarkan akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan di akhir perjalanan.

Di tengah perjalanan menuju air terjun, kamu akan melewati jalan setapak yang berliku-liku, hutan yang hijau, serta sungai kecil yang mengalir. Ini adalah momen yang sempurna untuk berinteraksi dengan alam sekitar dan menjadikan liburan semakin seru dan menantang.

Alamat: Dusun III, Kalisalak, Kec. Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152. Harga Tiket Masuk: Rp10.000 per orang.

8. Curug Telu

Dalam bahasa Jawa, “telu” berarti “tiga”. Curug Telu meruapakan wisata air terjun yang terletak di Baturaden. Sesuai namanya terdapat tiga air terjun kecil di curug ini.  Air terjun ini sangat memukau dengan ciri khasnya, yaitu terdapat tiga tingkat air terjun yang berdekatan dengan satu sama lain.

Tempat ini terletak di Desa Karangmangu, Kecamatan Karangmangu, Purwokerto. Keunikan dari Curug Telu adalah adanya tiga tingkat air terjun yang berbeda tinggi dan memisahkan air terjun ini dari kebanyakan air terjun lainnya.

Ketika kamu tiba di Curug Telu, kamu akan terpesona oleh keindahan alamnya. Air terjun pertama memiliki ketinggian yang cukup tinggi dan airnya mengalir deras. Kemudian, ada air terjun kedua yang lebih rendah dan lebar, yang cocok untuk berfoto-foto atau sekadar bersantai di sekitarnya.

Yang paling menarik adalah air terjun ketiga yang paling rendah, yang memberikan nuansa yang berbeda dengan kolam air yang dangkal. Kamu bisa berenang atau bermain air di sini.  Alamat: Sawah & Hutan, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Harga Tiket Masuk: Rp5.000 per orang

9. Hutan Petualangan Baturraden

Baturraden Adventure Forest adalah taman petualangan yang menawarkan berbagai aktivitas seru di alam terbuka. Terletak di Kecamatan Baturraden, Purwokerto, tempat ini menggabungkan keindahan alam dengan sensasi petualangan yang tak terlupakan.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu nikmati di Baturraden Adventure Forest, seperti Flying Fox, Rafting Mini, Paintball, Tree Top Adventure, dan masih banyak lagi. Alamat: Dusun II Pandak, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151.

BACA JUGA: Hiden Gem di Banyumas: Berpetualang di 5 Tempat Tersembunyi Purwokerto

10. Dunia Kecil Baru

New Small World merupakan taman wisata yang dapat membuat kamu merasakan sensasi berkeliling dunia lewat miniatur yang ada di taman ini seperti patung Liberty, Menara Pisa, Colosseum, Gedung Putih, Menara Kembar Petronas, hingga rumah tradisional Korea dan Jepang.

Bukan hanya itu, dekorasi New Small World juga tak kalah memukau dan instagramable. Ada banyak dekorasi menarik seperti pohon sakura, sayap kupu-kupu, terowongan bunga, hingga taman bunga tulip yang bisa Anda jadikan background berfoto.

Bicara mengenai fasilitas, New Small World juga menyediakan sederet fasilitas pendukung seperti kolam renang, gazebo, toilet, area parkir, mushola, dan masih banyak lagi.

11. Menara Pandang Teratai

Yang terakhir adalah Menara Pandang Teratai merupakan tempat wisata terbaru yang sedang hits di Purwokerto. Menara dengan ketinggian 117 meter ini juga menjadi ikon baru Purwokerto yang selalu ramai dikunjungi karena daya tarik desain gedung serta jembatan kaca di lantai 3 yang mengundang rasa penasaran para wisatawan.

Sedang ke Purwokerto? jangan lupa mampir ke Menara Pandang Teratai yang beralamat di Jalan Bung Karno, Kalibener, Purwokerto, dan rasakan sendiri sensasi melewati jembatan kacanya. Menara Pandang Teratai buka setiap Senin hingga Minggu dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Itulah ulasan tempat wisata unik Purwokerto yang wajib dikunjungi saat libutan tiba, dengan harga yang terjangkau tidak merogok kocek terlalu dalam kamu sudah bisa menikmati keindahan alam Kota Purwokerto ini. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: