Destinasi Wisata Tegal Yang Unik Dan Populer, Cocok Untuk Liburan

Destinasi Wisata Tegal Yang Unik Dan Populer, Cocok Untuk Liburan

Destinasi wisata Tegal yang unik dan populer-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Tegal memang identik dengan julukan Bahari. Pasalnya, banyak warteg Bahari yang tersebar di kota ini. Jika punya rencana untuk berlibur ke Provinsi Jawa Tengah, jangan lupa untuk mengunjungi daerah Tegal. Sebab, daerah Tegal memiliki berbagai destinasi wisata Tegal yang unik dan populer yang sayang jika dilewatkan. 

Tegal memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah alam yang indah dan cukup populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Rasanya kurang kalau keindahan alam serta berbagai destinasi wisata Tegal yang unik dan populer tidak dimaksimalkan dengan baik.

Rasakan pengalaman liburan yang berbeda di Tegal dengan datang ke deretan tempat destinasi wisata Tegal yang unik dan populer ini. Pada dasarnya, daerah Tegal terbagi menjadi 3, yakni dataran tinggi, perkotaan, serta kawasan pesisir. 

Nah, disini kita akan membahas tentang destinasi wisata Tegal yang unik dan populer yang wajib anda kunjungi. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Wajib Coba, Kuliner Khas Tegal Yang Unik Legendaris

 

1. Pemandian Panas Guci

Salah satu tempat wisata di Tegal yang cukup terkenal adalah Wisata Pemandian Air Panas Guci. Tempat wisata yang satu ini cukup unik, karena suhu air berbeda – beda, tergantung dari tingkatannya, dimana ada 25 buah tingkatan. Adapun sumber air panasnya berasal dari Gunung Slamet.

Jika kamu mau menuju destinasi wisata Tegal ini, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 40 km dari kota Tegal. Kamu tidak akan bosan karena sepanjang perjalanan kamu akan disajikan pemandangan bukit yang indah dan asri. Selain pemandian air panas, di lokasi juga ada tempat penyewaan kuda, lengkap dengan pemandu yang yang akan mendampingi mu. 

2. Wisata Prabalintang Danasari

Lokasi: Desa Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 52465. Ini merupakan destinasi wisata Tegal yang sedang populer dalam beberapa tahun terakhir. Destinasi yang satu ini berada di kawasan hutan pinus dengan luas sekitar tiga hektar.

Fasilitas yang terdapat di wana wisata ini terbilang cukup lengkap seperti area parkir, toilet, warung makan, flying fox, dan spot-spot buat berfoto. Perlu kamu tahu, pihak pengelola menyediakan banyak spot foto buat para pengunjung seperti hammock, ayunan, jembatan kayu, dan rumah pohon. Bagi kamu yang ingin ke destinasi wisata ini dari pusat Kota Tegal butuh menempuh jarak sekitar 39 km atau menghabiskan satu jam lebih waktu perjalanan. 

BACA JUGA:40 Stan Ramaikan Gebyar UMKM, Pelatihan Akbar Literasi Keuangan dan Digital di Kota Tegal

3. Waduk Cacaban

Waduk tak hanya digunakan untuk menyimpan air, tapi juga sebagai tempat wisata. Keindahan Waduk Cacaban tak dapat dimungkiri lagi, apalagi saat matahari terbit. Semakin menambah daya tarik, ada hutan yang mengelilingi area waduk. Tak hanya itu, tempat ini dilengkapi warung apung, kapal wisata, hingga area pemancingan.

Lokasi: Desa Penujah, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

4. Danau Beko Margasari

Meski tempat ini tampak panas dan gersang, tetapi air danau yang biru kehijauan bikin segar. Ternyata, tempat ini merupakan bekas penambangan yang di bagian tengahnya ada sumber air menyerupai danau. Waktu terbaik mengunjunginya yakni saat menuju matahari terbenam. Lokasi: Desa Jatilaba, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

5. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah menjadi salah satu tempat wisata Tegal yang cocok untuk keluarga. Pantai yang terletak di Kecamatan Tegal Selatan ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Di sana, Anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana permainan, bersantai di tepi pantai, atau belajar tentang TNI Angkatan Laut di Museum Bahari.

Tempat wisata Tegal ini memiliki pasir yang berwarna putih kecoklatan dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman digunakan untuk berenang. Pantai Alam Indah buka setiap hari dari pagi hingga sore.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Luncurkan Ekstrakurikuler Hadroh

6. Bukit Gua Lawa

Bukit Gua Lawa adalah salah satu tempat wisata Tegal hits di kalangan wisatawan yang menarik untuk dikunjungi. Bukit ini terletak di Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Tempat wisata Tegal ini berada di ketinggian 434 Mdpl, dan menawarkan pemandangan yang indah. Dari atas bukit, kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Slamet yang megah dari kejauhan.

Untuk mencapai puncak bukit, Anda harus melewati jalan setapak yang berkelok-kelok dan menanjak. Namun, rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari atas bukit.

7. Curug Cantel

Salah satu tempat wisata Tegal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Curug Cantel. Air terjun ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, terutama pada saat hari libur.

Tempat wisata Tegal yang terletak di Desa Cantel, Kecamatan Bumijawa ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter yang mengalir dari lereng Gunung Slamet. Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas untuk berenang atau berendam.

Keunikan Curug Cantel terletak pada posisinya yang berada di antara tebing-tebing yang menjulang tinggi. Air terjun ini seolah-olah menempel pada tebing, sehingga terlihat sangat eksotis. Curug Cantel buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk tempat wisata Tegal ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000 per orang.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Dongkrak Kunjungan Wisatawan di 2 Obyek Wisata

8. Bahari Waterpark Tegal

Bahari Waterpark merupakan salah satu destinasi wisata air yang cukup populer di Kota Tegal. Tempat wisata Tegal ini terletak di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana. Tempat wisata Tegal ini memiliki berbagai wahana air yang menarik, mulai dari wahana anak-anak hingga wahana untuk orang dewasa. 

Itulah ulasan destinasi wisata Tegal yang unik dan populer, bisa di jadikan referensi kamu saat berlibur bersama orang tersayang. Kalian mau kemana kira - kira? Semoga bermanfaat ya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: